1.400 Hektar Sawah di Bondowoso Diasuransikan

47
Suasana saat sosialisasi AUTP di BPP Wonokusumo

BONDOWOSO – Sebanyak 1.400 hektar sawah milik para petani di Kabupaten Bondowoso didaftarkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Asuransi ini merupakan sebuah jaminan saat masa panen mengalami kegagalan yang disebabkan oleh iklim dan cuaca, seperti kebanjiran, kekeringan dan akibat hama wereng.

Dati total jumlah yang mendaftar tersebut, para petani di setiap Balai Penyuluh Pertanian (BPP) hanya dibatasi 2 hektare saja.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana, Abdul Latif melalui Kepala Seksi (Kasi) Usaha Tani dan Permodalan Pada Dinas Pertanian mengatakan, saat ini jumlah petani yang mendaftar telah mencapai 1.400 hektare

“Dari data kemarin kurang lebih 1.400 hektare yang didaftarkan oleh petani, dengan masing-masing petani dibatasi dua hektare per petani,” ungkapnya usai melakukan sosialisasi AUTP di BPP Wonokusumo, Senin (27/7/2020).

Dari dua hektare tersebut, petani diberikan tanggungjawab untuk membayar Rp180 ribu per hektare. Akan tetapi pemerintah pusat memberikan kebijakan dengan memberikan subsidi Rp140 ribu per hektarenya.

“Disini petani hanya membayar Rp36 ribu per hektar. Tapi, karena saat ini ada CSR, petani tidak usah membayar,” tuturnya.

Lebih jauh ia mengemukakan, jika program tersebut tidak ada batas jumlah pendaftar, peruntukannya se Kabupaten Bondowoso.

“Sampai saat ini masih belum ada batasan. Ya, hanya itu per petani, maksimal dua hektare,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here