14 OPD di Bondowoso Diisi Plt, Soekaryo : Lambatnya Pengkaderan

2
Pj Sekda Bondowoso, Soekaryo saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso ditengarai lambat dalam proses pengkaderan Eselon II. Hal tersebut menyebabkan semakin banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt).

Hingga saat ini, OPD di lingkungan Pemkab Bondowoso yang dipimpin oleh seorang Plt ada 14 perangkat daerah. 14 OPD itu, diantaranya, BKD,SatpolPP,DinasSosial,AsistenI,DinasPertanian,RSUDKoesnadi,danBapenda.LaluInspektorat,Dindikbud,BPBD,DinasPerumahan danPermukiman,Disparpora,StafahlibidangperekonomiandanDinasKominfo.

Adanya keterlambatan pengkaderan Eselon II di lingkungan Pemkab Bondowoso tersebut diakui oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda), Soekaryo. Menurutnya, hal itu menyebabkan kekosongan jabatan di 14 OPD.

Namun demikian, hal tersebut menjadi atensi dari Pemkab Bondowoso agar kedepannya tidak lagi terjadi hal serupa, yakni, keterlambatan pengkaderan Eselon II dan kekosongan jabatan yang harus diisi oleh Plt.

“Sebelumnya, mekanisme pengangkatan eselon III dan IV jabatan pengawas dan administratur tidak melalui proses open bidding, penilaian hanya berdasarkan yang sifatnya obyektif dan subyektif. Tentunya hanya melalui masukan dari kepala satuan kerja (satker) dan BKD yang merencanakan. Kedepannya, pak Bupati ingin merubah mekanisme ini,” papar Soekaryo, Selasa (27/7/2021), diruangannya.

Selanjutnya, imbuh Plt Sekda Kabupaten Bondowoso ini, setelah nanti pejabat Eselon II menduduki jabatannya, akan langsung digantikan oleh pejabat Eselon III.

“Dengan begitu, pengkaderan akan terus berjalan dengan baik. Jadi tidak ada kelowongan,” jelasnya.

Senada, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso, Apil Sukarwan juga mengatakan bahwa pihaknya, kedepan akan melakukan managemen talenta. Artinya, hasil assesment beberapa pejabat yang telah memenuhi persyaratan untuk dilakukan pembobotan.

“Jabatan yang akan diduduki oleh rekan-rekan akan disesuaikan dengan kompetensi masing masing,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here