18 Desa di Bondowoso Dijadwalkan Ikut Pilkades Serentak Tahun 2019

821
Ilustrasi

BONDOWOSO– Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Bondowoso akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tahun 2019 ini.

Sejumlah desa diantaranya, sebagian besar masa jabatan Kepala Desanya berakhir pada tahun 2018 kemarin. Dan ada juga beberapa Kepala Desa yang masa jabatannya berakhir tahun ini.

“Di tahun 2019 ini, ada 18 desa di sepuluh kecamatan yang akan menggelar Pilkades serentak,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Ahmad Yulianto, Rabu (30/1/2019).

Dirinya juga menuturkan, dari hasil tahapan yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso, telah disesuaikan dengan peraturan Bupati,  yang nantinya menjadi acuan pada Pilkades serentak.

“Kita sudah menyampaikan surat kepada Camat, tujuannya agar supaya lebih mempersiapkan pelaksanaan Pilkades di tahun 2019 dan tahapan ini kita telah menyesuaikan dengan Perbup Nomor 39 tahun 2017, dimana akhir masa jabatan Kepala Desa itu berakhir pada tanggal 24 Desember 2019,” paparnya.

Ditanya soal anggara pembiayaan Pilkades serentak 2019 nanti, dirinya menyebut jika masih belum ada kepastian. Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah menerima pemberitahuan dari Gubernur Jawa Timur.

“Mengenai biaya kita sudah menerima surat dari Gubernur, dan terkait pembiayaan nantinya masih menunggu regulasi lebih lanjut,” tukasnya.

Sekedar diketahui, dari 18 Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun ini tujuh desa diantaranya yang berkahir masa jabatannya pada tahun 2019. yakni Desa Bataan Kecamatan Tenggarang, Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan, Desa Sukosari Kecamatan Tamanan, Desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan, Desa Wonokusumo dan Taal Kecamatan Tapen, serta Desa Rejoagung Kecamatan Sumber Wringin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here