40 Pelaku Usaha Jasa Pariwisata di Bondowoso Ikuti Sosialisasi TDUP

138
Kepala Dinas Pariwisata Harry Patriantono saat membuka Sosialiasi TDUP

BONDOWOSO – Sebanyak 40 pelaku usaha jasa pariwisata di Kabupaten Bondowoso mengikuti sosialisasi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), di Aula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kamis (4/3/2020).

Sosialisasi TDUP tersebut, bertujuan untuk mengajak para pelaku usaha jasa pariwisata untuk wajib memiliki ijin dalam usaha yang bergerak dibidang kepariwisataan, seperti cafe, perhotelan, jasa perjalan wisata dan lainnya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Harry Patriantono mengatakan, sesuai dengan regulasi dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), semua pelaku jasa usaha pariwisata diwajibkan mengantongi ijin.

“Seperti rumah makan, perhotelan, penginapan, homestay semuanya harus mempunyai Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP,” ungkap Harry usai membuka Sosialisasi TDUP.

Dengan ditertibkannya TDUP, maka dinas terkait dalam hal ini, Dinas Pariwisata akan mengetahui jumlah pelaku jasa usaha pariwisata yang ada di Kabupaten Bondowoso.

“Dengan ditertibkannya tanda daftar usaha ini kita akan tahu berapa jumlah pelaku jasa usaha pariwisata serta mengetahui kondisi SDM bidang perhotelan, sehingga hal ini juga merupakan salah satu bentuk dasar bagaiman kita mengambil kebijakan,” tuturnya.

Dikatakan Harry, dari total jumlah pelaku usaha jasa pariwisata di Bondowoso saat ini masih belum sepenuhnya memiliki TDUP, maka melalui sosialisasi tersebut diharapkan kepada para pelaku usaha bisa segera memiliki TDUP.

“Untuk pelaku usaha yang wajib TDUP berjumlah 19, namun saat ini masih ada sekitar 7 pelaku usaha jasa pariwisata yang telah memilikinya, maka kita harapkan kedepan agar bisa memiliki TDUP semua,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here