50 Pelari Ramaikan Ijen Geopark Run Exhibition

119

BONDOWOSO – Selain membentuk tim percepatan dalam rangka menggenjot kesiapan Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso juga bakal menggelar Ijen Geopark Run Exhibition, tanggal 2 hingga 4 April 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso, Retno Wulandari saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, pelaksanaan Ijen Geopark Run Exhibition adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mempromosikan situs-situs Ijen Geopark, baik yang ada di wilayah Bondowoso maupun Banyuwangi.

“Kegiatan ekshibisi ini mengutamakan pengenalan spot terbaik di Ijen Geopark. Selain itu, juga sebagai ajang mempromosikan wisata dan olahraga di kawasan Ijen Geopark,” jelas Retno.

Untuk kegiatan yang melibatkan 50 pelari, baik nasional maupun lokal ini, juga dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Arif Setyo Rahardjo. Menurutnya, pelari yang mengikuti ajang tersebut adalah pelari ditunjuk langsung oleh panitia Ijen Geopark masing-masing daerah.

“10 pelari nasional, ditunjuk langsung oleh panitia Run Geopark National. Sedangkan untuk 20 pelari lokal Bondowoso, ditunjuk dan direkomendasikan dari Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) di Disparpora Bondowoso. Selanjutnya, 20 pelari lokal dari Banyuwangi juga langsung ditunjuk oleh panitia dari Kabupaten paling timur di pulau Jawa ini,” paparnya lagi.

Untuk diketahui, Ijen Geopark Run Exhibition dimulai atau start di Puncak Megasari menuju Kampung Pedati, dilanjutkan ke Kantor Desa Kalisat. Dari kantor Desa Kalisat menuju pertigaan Sempol dan dilanjutkan melewati Desa Plalangan. Setelah itu, para pelari akan menuju ke Kawah Wurung, Curah Penai, Kalipait dan Paltuding. Terakhir, finish di Alun-alun Blambangan Banyuwangi. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here