Ada Indikasi Manipulasi Data, Absensi Fingerprint Beralih ke Faceprint

545
Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Agung Tri Handono

BONDOWOSO – Meminimalisir terjadinya manipulasi data kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, absensi sistem sidik jari (fingerprint) akan segera dihapuskan.

Kuat dugaan, absensi fingerprint tersebut bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Bahkan, terindikasi ada temuan penyalahgunaan sidik jari milik orang lain, untuk absensi ASN.

Indikasi tersebut nampaknya terendus oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Agung Tri Handono. Ia menilai absesni fingerprint memiliki kelemahan karena menggunakan sidik jari. Ada indikasi, absensi seorang ASN diwakilkan oleh orang lain, dengan menggunakan sidik jari lainnya, yang sengaja didaftarkan untuk data absensi ASN lain.

Oleh karena itu, Pj Sekda merubah pola absensi ASN di Kabupaten Bondowoso menggunakan pemindai wajah (faceprint), yang dinilai lebih efisien untuk mengurangi penyalahgunaan dan manipulasi data absesni ASN.

“Kalau tetap pakai fingerprint, 1 orang bisa menggunakan 10 jarinya termasuk dirinya sendiri. Jadi, dengan pemindaian wajah (faceprint) ini, tidak bisa diwakilkan untuk absennya,” jelas Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Agung Tri Handono, usai rapat evaluasi mesin absensi di Aula Sabhabina I, Senin (6/5/2019).

Menurut Agung, penggunaan faceprint di lingkungan Pemkab Bondowoso ini akan lebih efisien dibandingkan dengan daftar kehadiran ASN jika masih menggunakan fingerprint.

“Dengan faceprint ini, tidak akan ada lagi manipulasi data kehadiran ASN. Karena tidak bisa diwakilkan lagi,” kata pria yang juga masih sebagai Asisten I Pemkab Bondowoso ini.

Untuk ASN yang ingin merekam kehadirannya melalui faceprint ini, waktunya masih sama dengan penggunaan fingerprint. Yakni, absen pagi mulai pukul 06.45 – 07.15 WIB. Sedangkan, absen sore dimulai pukul 15.45 – 16.15 WIB.

“Untuk mensiasati ASN yang bertugas keluar dan tidak bisa melakukan absen pada waktu yang telah ditentukan itu, nanti bisa menunjukkan surat tugasnya. Otomatis, nanti Tunjangan Kinerja (Tukin)-nya akan terbayar,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here