Aplikasi SIKAP Permudah Penyedia Jasa di Bondowoso Mendapat Tender

417

BONDOWOSO – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah menerapkan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) bagi para penyedia jasa.

Kepala Bagian Administrasi pembangunan dan layanan pengadaan, Suryadi melalui Kepala Sub bagian Pendukung pengadaan barang dan jasa,

Eko Pramayuda mengatakan, jika penyedia jasa atau perusahaan yang akan mengikuti proses lelang pekerjaan, otomatis terundang dalam aplikasi yang telah disiapkan.

“Jadi, secara otomatis akan terundang ke aplikasi itu, dengan catatan telah masuk dan menginput data perusahaannya di SIKAP dan sama speknya didata itu akan terundang sendiri, tergantung mau nawar apa tidak,” urai Pram saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/1/2019).

Kendati demikian, meski telah terdata di SIKAP, para penyedia jasa ataupun perusahaan yang ingin mengikuti lelang pekerjaan bisa menggunakan cara manual.

“Bisa secara Manual, tinggal tarik data aja dari SIKAP. Intinya tidak perlu bawa dokumen kesana kemari, jadi data itu tidak ngendon disitu,” tuturnya.

Sejatinya, lanjut Pram, penyedia jasa atau perusahaan yang telah terdata oleh SIKAP akan terverifikasi secara otomatis oleh LKPP.

“SIKAP itu tidak bisa dibohongi, jadi CV tidak bisa pinjam-pinjam lagi, semisal satu CV harus satu tenaga ahlinya karena yang memverifikasi kan LKPP, jika tidak memenuhi kriteria tersebut maka secara langsung akan terblacklis sendiri,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here