Arumi Bachsin : Kerajinan di Bondowoso Jadi Penunjang Ekonomi Masyarakat

155
Ketua Dewan Dekranasda Jatim, Arumi Bachsim saat meninjau beberapa kerajinan bersama Isteri Bupati dan Isteri Wakil Bupati di Pendopo

BONDOWOSO – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, menilai kerajinan yang ada di Kabupaten Bondowoso bisa menjadi penunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut dikatakannya usai mengukuhkan Dewan Pengurus Dekranasda dan meninjau beberapa produk-produk unggulan hasil dari kerajinan yang ada di Kabupaten Bondowoso, Senin (16/12/2019) di pendopo bupati.

“Keberadaan kerajinan di Bondowoso, bisa menjadi salah satu indikator penunjang Perekonomian, Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti kerajinan kuningan,” ungkapnya.

Menurutnya, industri kerajinan kuningan memang banyak di kabupaten lain. Akan tetapi, kuningan di Bondowoso mempunyai ciri khas yang berbeda.

“Keistimewaan kerajinan ini terletak pada kuningannya yang nampak mengkilap seperti emas dan lebih awet. Serta warna kuningannya dapat bertahan lama,” paparnya.

Selain itu, istri dari Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur tersebut mengatakan, selain kerajinan IKM, Bondowoso juga memiliki karakter yang berbeda dengan kabupaten lain, salah satunya Usaha Kecil Menengah (UKM) produk olahan makanan yang mempunyai daya tarik bagi dirinya.

“Sejauh ini, saya melihat produk-produk yang dikeluarkan sangat luar biasa. Saya pribadi sangat mengapresiasi. Dan itu berrati selama ini, kerja keras Dekranasda dan seluruh dinas terkait sudah melakukan tugasnya dengan begitu baik,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Arumi, dinas beserta Dekranasda harus terus mengasah kemampuan serta keterampilan yang dimiliki agar tantangan kedepan bisa dijalani dengan baik, bahkan, masih banyak lagi tugas yang harus diselesaikan oleh Dekranasda sendiri.

“Karena banyak pengusaha yang produknya rajin, tapi masih belum mengerti marketing, jadi kita perlu melakukan pendekatan sistem, seperti pameran dan lainnya,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here