Ayo Deteksi HIV/AIDS Sedini Mungkin

104
Sinung Sudrajat Anggota DPRD Bondowoso didampingi Lurah Nangkaan Agus Adhadi saat melakukan VCT

BONDOWOSO – Sekitar 20 orang dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kelurahan Nangkaan bersama warga setempat, berinisiasi melakukan voluntary counselling and testing (vct) atau tes sukarela untuk mendeteksi penyakit HIV/AIDS, Selasa (10/9/2019).

Tes HIV sukarela yang juga diikuti oleh Lurah Nangkaan, Agus Adhadi, Anggota DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajat, bersama beberapa wartawan tersebut, difasilitasi oleh yayasan Pemberdayaan Intensif Kesehatan Masyarakat (Yapikma) Bondowoso.

Sinung Sudrajat yang menginisiasi pemeriksaan HIV/AIDS tersebut mengatakan, hal tersebut dilakukan secara sukarela dan atas kemauan sendiri. Menurutnya, pemeriksaan itu dilakukan sebagai bentuk kesadaran diri untuk melakukan pencegahan, perawatan serta pengobatan dalam upaya menekan tingginya pengidap HIV.

“Banyak orang yang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini,” katanya usai melakukan tes.

Menurutnya, HIV memerlukan penanganan bersama, mulai dari sosialisasi penularannya, pencegahan, perawatan dan pengobatannya. Bahkan, Sinung mengajak semua lapisan masyarakat untuk tidak takut mendeteksi penyakit HIV dan tidak perlu menjahui para pengidap HIV/AIDS, sebab penularan HIV tidak semudah yang dibayangkan.

“Bagi semua kalangan, terutama mulai sejak masa remaja, perlu diadakan pendidikan dan pemahaman HIV/AIDS, agar terhindar dari aktivitas yang memicu penyakit tersebut. Tidak perlu takut untuk menjalani VCT, langkah ini justru dapat membantu meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan dan penanganan HIV/AIDS. Juga dapat membantu untuk semakin mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA),” tambah Wakil Ketua DPRD Bondowoso ini.

Sekadar diketahui, saat ini ada 398 ODHA di Kabupaten Bondowoso yang tersebar di beberapa kecamatan. Tercatat saat ini pennderita HIV/AIDS terbanyak ada di Kecamatan Sumber Wringin. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here