Banjir Bandang Terjang Desa Sempol Kecamatan Ijen

394
Banjir bandang yang menerjang pemukiman warga di Desa Sempol (foto : Istimewa)

BONDOWOSO – Banjir bandang membawa material lumpur, batu dan kayu menerjang Desa Sempol Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, sekira pukul 14.00 WIB, Rabu (29/1/2020).

Akibatnya, sekitar ratusan rumah warga Dusun Pesanggrahan, Sempol dan Kampung Baru terdampak banjir . Bahkan, banyak kandang kambing yang berada di bantaran sungai di Dusun Sempol terbawa arus.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan Ijen, Saudia Yourdan Islami Taufik. Melalui pesan Whatsappnya Yourdan mengatakan, Dusun Pesanggrahan, kantor kecamatan ke arah timur menjadi wilayah terparah yang terdampak banjir bandang.

“Di Daerah Kecamatan ke bawah tidak aman. Kerusakan terparah saat ini adalah ratusan rumah warga dan kandang ternak,” katanya.

Kondisi rumah warga yang terimbas banjir bandang

Hal senada juga disampaikan oleh Samsudi, Kepala Dusun Sempol, yang kala itu ikut membantu saudaranya yang tengah menjadi korban banjir bandang. Dirinya menceritakan dahsyatnya banjir bandang kali ini yang ketinggiannya melewati tanggul penahan banjir di Dusun Sempol.

“Ketinggian banjir begitu dahsyat, hingga melewati tanggul di bantaran sungai. Akibatnya, rumah saudara saya yang ada di bantaran sungai pun rusak parah terendam banjir,” katanya saat dihubungi via telepon.

Beruntugnya, lanjut pria yang juga berprofesi sebagai guru ngaji ini mengatakan, ada tanggul yang dibangun di bantaran sungai, sehingga arus banjir bandang tidak langsung menghantam pemukiman warga.

“Kalau seandainya tidak ada tanggul penahan banjir, entahlah. Pasti dampaknya akan semakin parah. Bisa jadi, rumah-rumah di bantaran sungai hancur semua diterjang banjir,” terangnya sembari bersyukur.

Samsudi mengutarakan, banjir bandang berlangsung kurang lebih sekitar 2-3 jam. Dan sampai pukul 16.30 WIB, air mulai surut. Namun, material batu, lumpur dan kayu yang dibawa arus , sampai saat ini masih berserakan di rumah warga.

“Kami mohon ada bantuan dari pemerintah, untuk membantu warga disini (Desa Sempol, red) untuk melakukan evakuasi material yang dibawa oleh banjir. Dan semoga tidak ada banjir bandang susulan,” harapnya.

Iformasinya, banjir bandang di Desa Sempol kali ini merupakan kiriman dari Gunung Suket yang ada di sisi selatan Desa Sempol. Dimana saat ini, kondisi gunung tersebut sudah mulai berubah menjadi lahan pertanian, pasca kebakaran hutan tahun 2019 silam. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here