Bantu Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19, Pemkab Bondowoso Salurkan Sembako

37
Bupati Bondowoso bersama satgas penanganan Covid-19 menggelar apel, sebelum menyalurkan bantuan sembako

BONDOWOSO – Satuan Tugas (Satgas) penanganan virus corona atau Covid-19 di Bondowoso menyerahkan sekitar 300 paket sembako dan masker kepada tukang becak, di Alun-akun Ki Bagus Asra, Rabu (15/4/2020).

Bantuan tersebut secara langsung diberikan oleh Bupati KH Salwa Arifin bersama Wakil Bupati H Irwan Bachtiar, Ketua DPRD H Ahmad Dhafir, Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, Kepala Kejaksaan Negeri Unaisi Hetty Nining, Komandan Kodim 0822 Letkol Inf. Jadi, serta Sekretaris Daerah Syaifullah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati KH Salwa Arifin mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 di Bondowoso.

“Hal ini bertujuan untuk meringankan ekonomi para tukang becak di tengah pandemi virus corona di Bondowoso. Ini baru permulaan, nanti akan ada bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat umum yang terdampak Covid-19,” katanya kepada sejumlah awak media.

Menurut Bupati, selain terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan melakukan upaya pencegahan Covid-19, pemerintah akan memberikan bantuan sosial yang bersumber dari APBD. 

“Ada beberapa langkah yang telah kita lakukan seperti bantuan sosial yang nantinya akan disalurkan berdasarkan data yang ada di Dinas Sosial. Untuk yang saat ini bantuan dari pusat, kedepan dari bantuan dari APBD,” terangnya.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu tukang becak

Sementara, Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz mengatakan, di tengah pandemik Covid-19 banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi, yakni penurunan pendapatan. Sementara kebutuhan-kebutuhan yang lainnya tetap banyak.

“Karena itulah, forpimda Bondowoso memberikan bantuan paket sembako pada mereka yang terdampak. Ini baru awal, kemudian nanti sebelum puasa kita akan turun lebih banyak titik lagi,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan, kata Kapolres Erick, selain merupakan inisiasi dari Forpimda. Sejumlah pengusaha ke depan juga akan turut ikut serta.

“Karena prinsipnya ini menyalurkan juga, dari temen-temen pengusaha yang ingin membantu masyarakat, agar tepat peruntukkannya,” imbuhya.

Ke depan ribuan paket sembako akan diberikan bukan hanya kepada tukang becak. Melainkan juga warga yang kurang mampu di beberapa kawasan.

“Setelah ini targetnya adalah tempat-tempat, atau masyarakat yang membutuhkan. Ada beberapa desa tertinggal disini, mungkin kami akan sentuh kesana. Yang lain juga yang membutuhkan,” pungkas Kapolres Erick. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here