Batas Wilayah Bondowoso-Banyuwangi Disepakati

159
2. Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat memberikan paparan dalam perundingan penentuan tapal batas wilayah di kawasan Kawah Ijen antaran Pemkab Bondowoso dengan Banyuwangi

BONDOWOSO – Akhirnya masalah sengketa tapal batas Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi di kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, yang telah lama ‘mati suri’ kini menemui titik terang. Bahkan, batas wilayah kedua kabupaten ini telah disepakati bersama.

Delegasi dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat bersama Kepala Bagian Hukum dan Kepala Bagian Pemerintahan, bertemu dengan perwakilan Pemkab Banyuwangi yang difasilitasi Kementrian Dalam Negeri dan Provinsi Jawa Timur, di hotel Ibis style Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Hasil dari perundingan kedua belah pihak, menurut Wakil Bupati Bondowoso, saat ini sudah ada kesepakatan bersama terkair tapal batas dan kepemilikan Kawah Ijen.

“Kesepakatannya, dalam16 titik sengketa, kami telah menyepakati 15 titik. Sedangkan untuk 1 titik lainnya, yakni kawahnya masih belum,” terangnya kepada Bharata Online.

Titik akhir yang belum disepakati, lanjut Irwan Bachtiar, adalah kawahnya. Kendati demikian, saat ini sudah ada kejelasan dan titik terang untuk hal tersebut.

“Hanya menunggu pertemuan antar Kepala Daerah, yaitu Bupati Bondowoso dengan Bupati Banyuwangi,” tambahnya.

Sebelumnya, seperti diketahui, penentuan tapal batas wilayah di Kawah Ijen, memang menjadi permasalahan panjang yang tidak menemukan titik terang dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Hal tersebut ternyata diakui oleh Wakil Bupati Bondowoso.

“Masalah ini sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu, sehingga dalam perundingan dengan Pemkab Banyuwangi, terjadi saling klaim batas wilayah masing-masing. Akan tetapi, karena semua sudah tertuang dalam peta, akhirnya kedua belah pihak saling mengakui dan sepakat,” tukasnya.

Intinya, Wabup asli putera daerah ini, menginformasikan kepada semua lapisan masyarakat, bahwa dari hasil perundingan tersebut telah ditegaskan jika Taman Wisata Alam Kawah Ijen sudah jelas statusnya, dan itu sah milik Kabupaten Bondowoso. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here