Batas Wilayah Bondowoso-Situbondo Belum Ada Kesepakatan

585
Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Bondowoso, Juni Sukarno saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

BONDOWOSO – Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, mulai melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Kabupaten Situbondo terkait penetapan dan penegasan tapal batas wilayah.

Dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Pemkab Bondowoso, Juni Sukarno, dalam rakor tersebut ada enam subsegmen yang dibahas.

“Ini merupakan proses untuk mendapatkan penetapan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelasnya ketika dikonfirmasi di ruangannya, Rabu (20/3/2019).

Enam subsegmen tersebut, diantaranya, perbatasan Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh dengan Desa Sumbercanting Kecamatan Wringin, Desa Kalibagor Kecamatan Situbondo dan Desa Walidono Kecamatan Prajekan, Desa Sriwung Kecamatan Panji dengan Desa Grujugan Kecamatan Cermee.

Sedangkan Subsegmen keempat, disebutkan Juni, perbatasan antara Desa Kandang Kecamatan Kapongan dan Desa Bercak Kecamatan Cermee, Desa Curahtatal Kecamatan Arjasa dengan Desa Bercak Asri Kecamatan Cermee. Dan untuk subsegmen yang keenam adalah perbatasan antara Desa Kayumas Kecamatan Arjasa dengan Desa Kalisat Kecamatan Ijen.

Dari enam subsegmen diatas, lebih lanjut Juni mengatakan, masih ada satu subsegmen yang belum ada kesepakatan terkait tapal batas dari Kabupaten Bondowoso dan Situbondo. Menurutnya, satu subsegmen tersebut adalah perbatasan Desa Kayumas Kecamatan Arjasa dan Desa Kalisat Kecamatan Ijen.

“Untuk yang belum ada kesepakatan ini, masing-masing Kabupaten harus mengumpulkan data dan dokumen yang diperlukan. Nanti kita lihat dari jumlah penduduk, paling banyak memiliki KTP dari Kabupaten yang mana,” ungkapnya.

Namun demikian, Juni sapaan akrab Kabag Pemerintahan ini mengatakan, bahwa pihaknya tidak dapat menentukan kapan akan mendapatkan penetapan dari Kemendagri terkait perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Situbondo.

“Tidak ada target kapan akan mendapatkan penetapan tapal batas dari Kemendagri. Sebenarnya, asalkan sudah ada kesepakatan antara dua Kabupaten ini, selesai,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here