Batas Wilayah Kawah Ijen Disepakati, Sebagian Milik Bondowoso

1572
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar bersama Wakil Bupati Banyuwangi usai menyepakati batas wilayah

BONDOWOSO – 16 subsegmen batas wilayah antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi telah disepakati. Sebelumnya, masih 15 subsegmen yang telah mencapai kata sepakat antara kedua belah pihak.

Dijelaskan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Juni Sukarno, 1 subsegmen yang masih menjadi perundingan dengan Banyuwangi ini, telah menemui titik terang.

“Sudah ditandatangani berita acara antara Wakil Bupati kedua daerah itu,” terang Juni dikantornya, Kamis (18/7/2019).

Saat ini, 1 subsegmen batas wilayah yang menjadi perundingan antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, dikatakan Juni Sukarno, adalah kawah di pegunungan Ijen.

“Kawah itu sudah disepakati dibagi menjadi dua, sebagian milik Bondowoso dan sebagian lagi adalah milik Banyuwangi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada perundingan kesepakatan batas wilayah tersebut, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat didampingi tim penegasan batas yang diantaranya, Bappeda, Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum Setda Pemkab Bondowoso.

Perundingan itu juga disaksikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Kewilayahan Kemendagri dan Biro Pemerintahan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur.

Untuk selanjutnya, 1 subsegmen kesepakatan batas wilayah itu diproses dalam rangka mendapatkan SK Kemendagri terkait batas wilayah antara dua Kabupaten ini. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here