Begini Cara Atasi Tumpukan Sampah di Pasar Prajekan

112
Petugas pasar bersama 30 orang petugas kebersihan dari DLHP Bondowoso saat kerja bakti membersihkan sampah di Pasar Prajekan

BONDOWOSO –Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, terus berkomitmen dalam menangani sampah di pasar-pasar kecamatan.

Hal itu diawali dengan kerja bakti petugas pasar bersama 30 petugas kebersihan dari DLHP, untuk membersihkan tumpukan sampah yang menggunung di pasar Prajekan, Rabu (19/5/2021).

Menurut Nanang Junianto, Plt Kepala Pasar Prajekan saat ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya menginginkan sampah yang ada di pasar Prajekan sesegera mungkin diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kami ingin, tumpukan sampah yang ada tepat di belakang pasar Prajekan segera diangkut. Karena jika terus dibiarkan akan mengganggu masyarakat sekitar,” kata Nanang yang juga Kepala Pasar Nangkaan ini.

Dirinya yang baru menjabat Plt Kepala Pasar Prajekan sejak April 2021 ini, menginginkan produksi sampah dari pedagang dan masyarakat sekitar, dibuang pada kontainer sampah yang telah disediakan oleh DLHP.

“Kami mengimbau kepada pedagang dan warga, agar membuang sampah pada kontainer. Jangan asal buang seperti kemarin, sehingga terkesan sampah disini menumpuk. Bahkan, kami akan memasang banner berisi himbauan agar membuang sampah pada tempatnya,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, untuk perihal sampah, memang menjadi tupoksi DLHP. Namun, pihaknya sebagai Kepala Pasar mengajak pedagang untuk memudahkan petugas kebersihan dalam mengurusi sampah.

“Ini bukan permasalahan tupoksi siapa. Akan tetapi, demi kebaikan bersama, kita harus saling bekerjasama dan bersinergi untuk menjaga kebersihan di pasar,” terang Nanang.

30 Petugas Kebersihan dari DLHP dikerahkan untuk mengatasi sampah di Pasar Prajekan

Sementara, Abdul Asis Kepala Seksi (Kasie) Pengolahan Sampah dan Limbah Bahan Bahaya Beracun pada DLHP Kabupaten Bondowoso menerangkan, pihaknya bersama 30 petugas kebersihan bersama-sama untuk mengangkut sampah di pasar Prajekan.

“Kami siapkan 3 kontainer dan 1 dump truk sampah untuk mengangkut semua sampah di pasar Prjekan. Hari ini harus tuntas dan semua sampah harus diangkut ke TPA Taman Krocok,” katanya saat dikonfirmasi di sela-sela kerja bakti bersama puluhan anak buahnya.

Kedepannya, dirinya berharap kerjasama DLHP dengan pasar Prajekan terus dilakukan. Karena saat ini tumpukan sampah yang ada di pasar Prajekan juga berasal dari masyarakat sekitar.

“Pihak pasar harus inten mengedukasi masyarakat dan pedagang untuk membuang sampah ke dalam kontainer. Mari bekerjasama dan jangan asal buang sampah sembarang, sehingga menumpuk dan mempersulit petugas kebersihan,” imbaunya. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here