Begini Cara Wabup Irwan Dukung Karya Generasi Millenial

62
Wakil Bupati H Irwan Bachtiar didamping Kepala Disparpora, Kepala Bappeda dan Dandim 0822 saat berdialog dengan pemuda kreatif dalam acara talk show bareng di lokasi Bondowoso Millenial Festival

BONDOWOSO – Masuknya era revolusi industri 4.0 menjadi momen penting bagi Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam memacu kompetensi sumber daya manusia (SDM). Industri 4.0 mendorong pemerintah melakukan empowering human talents. Jadi, terpacu untuk fokus memperkuat generasi muda dengan teknologi dan inovasi.

Generasi milenial sangat berperan penting dalam menerapkan industri 4.0. Apalagi, Indonesia akan menikmati masa bonus demografi hingga tahun 2030. Artinya, sebanyak 130 juta jiwa yang berusia produktif dapat mengambil kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis di era digital.

Menyambut bonus demograif di era millenial tersebut, tentunya pertumbuhan ekonomi ke depan akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Pemkab mengambil momentum masa keemasan tersebut dengan terus membangun semangat optimisme, dengan memberikan wadah bagi pemuda, dalam sebuah event Bondowoso Millenial Festival (BMF).

Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, BMF yang masuk dalam agenda Festival Muharram 2019, sengaja digagas oleh Disparpora dan beberapa OPD guna menyiapkan generasi milenial Indonesia yang mampu menghadapi era industri 4.0.

“Kami bersama lintas sektor seperti Disparpora dan Diskoperindag, berkolaborasi untuk memfasilitasi melalui beberapa inkubator yang dimiliki, untuk menumbuhkan para pelaku industri kreatif. Sebab, sektor-sektor industri kreatif mampu memberikan kontribusi yang signfikan bagi ekonomi masyarakat,” katanya, Minggu (8/9/2019) malam.

Kendati tanpa anggaran, lanjut Wabup Irwan, BMF mampu memberikan wadah bagi pemuda Bondowoso untuk menunjukkan kreatifitasnya dan memamerkan produknya. Bahkan, sebagian pemuda millenial mampu mempromosikan dan menjual hasil karyanya.

“Ini wadah bagi pemuda untuk membuktikan bahwa pemuda Bondowoso mampu bersaing di era millenial. Produk dan kreativitas mereka (pemuda, red), layak untuk dikembangkan dan dipasarkan di tingkat nasional, bahkan sampai internasional,” tambah Irwan dalam acara talk show bareng pemuda kreatif Bondowoso.

Didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kepala Bappeda dan Dandim 0822, Wakil Bupati Bondowoso menginginkan event BMF tersebut terus digalakkan. Dirinya menginginkan agar semua kreatifitas pemuda Bondowoso bisa tercover dan mendapat pendampingan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Perlu ada dukungan bagi para pelaku industri kreatif untuk mengembangkan kreatifitas, produk dan karyanya. Oleh karena itu, semua karya pemuda yang ada di BMF ini, harus mendapatkan bimbingan dan dukungan dari pemerintah. Mulai dari produksi hingga bagaimana cara pemasarannya,” pesannya.

Kedepannya, Irwan Bachtiar bersama Disparpora, Bappeda dan Diskoperindag akan membuat konsep kegiatan yang berkesinambungan. Bahkan, dalam waku dekat ini, direncanakan bakal ada car free night yang diproyeksikan untuk memberikan wadah bagi pelaku usaha industru kreatif dan karya pemuda millenial.

“Kami rencanakan 2 kali sebulan, akan ada semacam kegiatan di malam hari di sekitar pecinan hingga jalan RE Martadinata. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para pemuda millenial di Bondowoso untuk menunjukkan, memamerkan, mempromosikan dan memasarkan karya-karyanya,” terang Irwan Bachtiar.

Selain itu, Irwan Bachtiar juga memerintahkan kepada Kepala Bappeda untuk melakukan kajian dan konsep kegiatan di tahun 2020, untuk menampung semua karya-karya kreatif pemuda millenial melalui pasar seni. “Tolong dikonsep agar tahun 2020 seluruh kreasi, karya dan produk pemuda millenial bisa ditampung dalam sebuah wadah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam acara talk show tersebut, Wakil Bupati Irwan Bachtiar didampingi oleh Kepala Disparpora Harry Patriantono, Kepala Bappeda Farida dan Dandim 0822. Mereka juga berkesempatan bertatap muka dan berdiskusi dengan beberapa perwakilan pemuda kreatif Bondowoso.

Tampak hadir juga dalam acara tersebut, Kepala Cabang BRI, beberapa Kepala OPD, serta ratusan pemuda millenial. Tampak pula beberapa komunitas dan pelaku industri kreatif memamerkan langsung produknya kepada Wakil Bupati Bondowoso. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here