Beri Bekal dan Lepas 590 CJH, Bupati Salwa Titip Doa Untuk Bondowoso

99
Bupati saat berfoto bersama dengan Plt Sekda, Kabag Kesra dan Kepala Kemenag serta tim pemberangkatan Haji Kemenag Bondowoso

BONDOWOSO – Menjelang keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2019 asal Kabupaten Bondowoso, Pemkab setempat memberikan Pembekalan serta Pelepasan CJH di Pendopo Bupati, Kamis (4/7/2019). Keberangkatan CJH terbagi menjadi dua kloter, yakni 51 dan 52.

Keberangkatan CJH Kabupaten dari masing-masing kloter akan berangkat pada tanggal 22 Juli 2019 dan direncanakan akan dilepas langsung oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin.

Sebagai orang nomor satu di Bondowoso, KH Salwa Arifin menitipkan kepada CJH agar mendoakan kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini, sehingga selalu tercipta suasana yang kondusif.

“Luangkan waktu untuk mengangkat kedua tangan serta menundukkan kepala, mendoakan agar Kabupaten Bondowoso selalu kondusif, aman dan tenteram. Karena di tanah suci ada beberapa tempat yang mustajab untuk berdoa,” katanya.

Tak hanya itu, dikatakan KH Salwa, bekal pergi ketanah suci tak cukup hanya melengkapi persyaratan dan paham akan hukum dalam melakukan ibadah haji. Menurutnya, bekal terpenting bagi CJH adalah memiliki hati yang bersih serta harus dijaga dan nilai ketaqwaan.

“Di tanah suci harus memiliki adab dan tatakrama. Disana para CJH tidak boleh berucap dan bertindak sembarangan,” ucapnya lagi.

Sementara, Kepala kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso, Solihul Kirom menyatakan bahwa, jumlah CJH di tahun 2019 ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Kalau tidak salah, tahun 2018 lalu jumlah CJH sekitar 530-an. Jumlah ini meningkat karena memang kuota untuk Indonesia mendapat tambahan dari Pemerintah Arab Saudi,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here