BKD Bondowoso Akui Keliru Mutasi Pejabat

559
Bupati Salwa Arifin Saat menandatangani SK secara simbolis

BONDOWOSO – Sebanyak 22 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dilantik oleh Bupati KH Salwa Arifin, di Pendopo Bupati, Kamis (26/12/2019).

Dari 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik, dua diantaranya Camat Pujer dan Ijen. Sedangkan, seorang diantaranya adalah pejabat yang dinyatakan keliru penempatan dalam mutasi 21 September 2019 silam, dikembalikan ke tempat semula.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Achmad Prajitno mengakui jika ada kekeliruan dalam mutasi sebelumnya (21 September, red). Namun, untuk kali ini, dirinya meyakinkan semua sudah sesuai dengan prosedur.

“Meski di pelantikan sebelumnya ada kekeliruan pendataan ASN, hingga berujung pada hak interpelasi dari DPRD, namun pelantikan saat ini telah sesuai dengan prosedur, sudah layak dan pantas sesuai dengan perundang-undangan,” jelasnya.

Kekeliruan penempatan pejabat tersebut, dikatakan oleh Achmat Prajitno, ialah seorang pejabat golongan IV/A atas nama Muhdar yang diangkat sebagai Camat Taman Krocok pada 21 September 2019 silam, kini dikembalikan ke jabatan awal sebagai Sekretaris Camat Taman Krocok.

“Ada kekeliruan. Karena, belum genap dua tahun sudah dimutasi. Ketentuannya hanya kurang empat bulan. Jadi KASN dan BKN Surabaya sependapat dengan BKD. Kami akui keliru, bukan salah. Kalau salah ada putusan pengadilan. Kalau keliru, kan bisa keliru kalimat atau keliru hurufnya,” katanya.

Sementara, dalam sambutannya, Bupati Salwa mengatakan, melalui pelantikan tersebut, diharapkan menjadi semangat baru dikalangan kerja Pemkab setempat agar percepatan pembangunan semakin terarah.

“Mutasi ataupun promosi jabatan merupakan suatu bagian dari dinamisasi proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personel dalam birokrasi organisasi,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati Salwa, mutasi ataupun pemindah tugasan adalah suatu hal yang wajar. Maka dari itu, Bupati Salwa berpesan kepada seluruh ASN yang telah dilantik bisa mengemban amanah dan segera melakukan tugas sebaik-baiknya ditempat yang baru.

“Semoga kalian pejabat yang dilantik saat ini, adalah Aparatur Negara yang dapat mengemban Amanah sebagai Birokrasi yang baik sehingga diharapkan dapat mewujudkan Good Government,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here