BKSDA Bakal Laporkan Pelaku Pungli di Kalipait ke Polisi

95
Pelaksana Harian (Plh) Kepala BKSDA wilayah III Jember, Purwantono, saat berkoordinasi dan akan melaporkan dugaan pungli di Kalipait

BONDOWOSO – Dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi di situs geologi Taman Wisata Alam (TWA) Ijen, tepatnya di Kalipait tengah mendapat sorotan dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Bahkan, dugaan pungli oleh warga yang ditengarai telah dilakukan berkali-kali tersebut, segera ditindaklanjuti dan akan berakhir pada pelaporan ke pihak berwajib.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Disparpora dan Polres, untuk melapor ke pihak kepolisian sebagai efek jera bagi pelaku pungli itu,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BKSDA wilayah III Jember, Purwantono, Rabu (19/5/2021), di kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso.

Menurut Purwantono, pelaku pungli yang ditengarai warga Desa Kalianyar Kecamatan Ijen, sebelumnya telah diperingatkan agar tak emngulangi perbuatannya lagi. Akan tetapi pungli tetap dilakukan.

“Pelakui ini telah berulang kali melakukan pungli, meskipun juga telah berulang kali diingatkan untuk berhenti menarik tiket kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke TWA Kalipait, tapi tetap saja mengulangilagi,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, bahwa Cagar Alam Kalipait yang telah berubah status menjadi TWA Kalipait pada pertengahan tahun 2020 ini, memang belum menjadi destinasi wisata. Karena, belum memiliki sarana prasarana pendukung di dalamnya.

“Bisa dikatakan sebagai destinasi wisata dan ada tiket bagi pengunjung ketika sudah lengkap fasilitas penunjangnya,” tegas Purwantono.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata di Disparpora Kabupaten Bondowoso, Arief Setyo Rahardjo mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak polisi pariwisata Polres Bondowoso, dengan memberikan pembinaan serta mengecek langsung ke lokasi.

“Sebelumnya kita kan sudah memberikan pembinaan serta pelatihan kepada yang bersangkutan, sekarang kita harus tindak tegas karena masih tetap melakukan pungli dengan menarik retribusi kepada pengunjung di TWA Kalipait,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here