BLT-DD Diperpanjang Hingga September, KPM Terima Rp300 Ribu per Bulan

158

BONDOWOSO – Bantuan Langsung Tunai yang dialokasikan dari Dana Desa (BLT-DD) diperpanjang hingga bulan September mendatang.

Ketentuan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50/2020 dan Peraturan Menteri Desa (Permendes) nomor : 7/2020 tentang penyaluran BLT-DD tahap II.

Namun demikian, BLT-DD tahap kedua tidak sama dengan pencairan ditahap pertama. Pasalnya, tiga bulan selanjutnya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hanya menerima bantuan yang dialokasikan dari DD ini sebesar Rp 300ribu setiap bulannya.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman, untuk petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) pendistribusian BLT-DD tahap kedua ini masih sama dengan pencairan tahap pertama.

“Tetap mengacu kepada surat dari Kementerian Desa (Kemendes)-nya,” jelasnya, Minggu (28/6/2020), melalui pesan Whatsappnya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Pemerintahan Desa di DPMD Kabupaten Bondowoso, Lukman Ari Zafata mengatakan, KPM yang menerima BLT-DD ditahap kedua masih sama dengan basis data penerima BLT-DD ditahap pertama.

“Kalau ada perubahan basis data penerima BLT-DD ditahap kedua ini, prosedurnya tetap harus melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus),” pungkas pria yang akrab disapa Lukman ini.

Untuk diketahui, bantuan yang dialokasikan dari DD disetiap Desa ini diperuntukkan serta dikhususkan kepada warga miskin yang belum pernah menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial (Bansos) tunai dan program Kartu Prakerja.

BLT-DD ini juga diutamakan bagi warga miskin yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan selama pandemi Covid-19, warga miskin yang belum terdata (exclusion error) dalam Basis Data Terpadu (BDT) serta warga yang mempunyai keluarga yang rentan sakit menahun/kronis. (Yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here