Bondowoso Jadi Tuan Rumah East Java Green Scout Innovation 2020

145
Wakil Bupati Bondowoso yang juga Ketua Kwarcab Pramuka, saat memimpin rapat koordinasi pembentukan panitia dan rangkaian kegiatan East Java Green Scout Innovation 2020

BONDOWOSO – Kwarcab Pramuka Kabupaten Bondowoso, yang menjadi tuan rumah dalam rangka East Java Green Scout Innovation 2020, mulai melakukan rapat terbatas pembentukan panitia, dan rangkaian kegiatan di Wisma Wakil Bupati, Sabtu (7/3/2020).

Harimas, sebagai ketua panitia East Java Green Scout Innovation 2020 mengatakan, saat ini Bondowoso yang menjadi tuan rumah akan kedatangan kontingen Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo.

“Kita saat ini tengah menyusun panitia East Java Green Scout Innovation 2020. Karena kegiatan ini akan diikuti oleh 800 peserta penegak penggalang pramuka dari 4 kabupaten,” katanya usai menggelar rapat.

Sejatinya, kegiatan tersebut akan digelar pada 21-24 Juli 2020. Akan tetapi, karena kegiatan tersebut melibatkan semua unsur, sejak dini panitia East Java Green Scout Innovation 2020, mulai menyusun rangkaian kegiatan dan panitia kegiatan.

“Nanti kegiatan tersebut kita isi dengan bakti sosial, pengabdian kepada masyarakat, kepedulian lingkungan, RTLH dan banyak kegiatan lainnya. Intinya dalam kegiatan ini nantinya ada cross cutting yang melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” terangnya.

Lebih lanjut Harimas mengatakan, kegiatan ini nantinya akan dikonsep untuk menumbuhkan rasa sosial, solidaritas, nasionalisme dan arti pramuka bagi masyarakat luas yang dikemas lebih modern mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. “Tapi tidak serta-merta menghilangkan roh prinsip dasar gerakan pramuka itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Bupati Irwan Bachtiar sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Bondowoso berharap, event East Java Green Scout Innovation 2020 ini, mampu memberikan manfaat jangka pendek dan panjang.

“Target jangka pendeknya adalah masyarakat mulai menyadari akan penting nya gerakan pramuka dalam membentuk karakter anak-anak mereka, tidak hanya tau kalau pramuka itu hanya tepuk-tepuk, dan nyanyi semata. Sedangkan target panjang nyasendiri, kita berhasil membumikan revitalisasi gerakan pramuka di nusantara, khususnya di Jawa Timur,” pungkasnya. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here