BPBD Bondowoso Salurkan Bantuan Kepada Korban Tanah Lonsor

86
Plt Kalaksa BPBD bersama instansi terkait saat memberikan bantuan

BONDOWOSO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso memberikan bantuan kepada korban bencana tanah longsor yang terjadi di bantaran sungai Sampean perbatasan Desa Koncer dan Kelurahan Tamansari.

Tanah longsor yang terjadi pada Minggu 4 April 2021 kemarin, mengakibatkan beberapa rumah di bantaran sungai Sampean mengalami kerugian material. 

“Kejadian tersebut terjadi sekitar jam 17:00 WIB, dan terjadi longsor susulan pada jam 22: 00 WIB,” kata Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bondowoso, saat dikonfirmasi, Senin (5/4/2021). 

Menurutnya, pihak BPBD yang mendapat informasi kejadian tersebut, langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk memberikan imbauan kepada warga yang berada di sekitar kejadian. 

“Tim TRC yang mendengar kejadian tersebut, langsung melakukan assessment ke lokasi kejadian untuk mengindetifikasi,” ujarnya. 

Selain itu, pihak BPBD juga telah mendata para korban terdampak tanah longsor tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, BPBD terus memberikan arahan atau himbauan kepada warga untuk tetap waspada. 

“Alhamdulilah untuk korban jiwa tidak ada, melainkan hanya kerugian materil saja, namun kami tetap waspada apabila sewaktu-waktu terjadi tanah longsor susulan,” paparnya.

Selain memberikan arahan kepada warga sekitar, BPBD juga menyalurkan bantuan sembako kepada para korban. Bahkan, kejadian tersebut telah dilaporkan kepada Bupati setempat. 

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kita memasang garis batas, atau police line di sepanjang lokasi dan hal ini telah kita laporkan kepada Bupati serta Dinas PUPR untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here