Buka Musda IPHI ke VI, Ini Pesan Bupati Bondowoso

38
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan usai membuka Musda IPHI ke VI di pendopo bupati

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso Salwa Arifin secara langsung membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke VI Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di pendopo bupati, Sabtu (5/6/2021). 

Dalam sambutannya, Bupati Salwa menyebutkan, IPHI mempunyai peranan penting untuk terus melestarikan kemabruran para jemaah haji yang ada di Bondowoso. 

“Saya berharap IPHI bisa melestarikan kemabruran haji, khususnya di Kabupaten Bondowoso,” urainya. 

Bupati juga menyampaikan, IPHI juga harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di Bondowoso tentang pentingnya menjalankan ibadah haji. Terlebih saat ini seluruh jamaah haji tidak bisa berangkat ke tanah suci.

“IPHI harus ikut mendorong masyarakat untuk menjalankan ibadah haji, dan memberikan pencerahan kepada calon jamaah haji yang tahun ini tidak bisa berangkat ke Makkah,” terangya.

Seperti diketahui, lanjut bupati, saat ini jumlah calon jamaah haji di Kabupaten Bondowoso masih berkisar 500 hingga 600 orang. Jumlah ini kalah jika dibandingkan dengan kabupaten tetangga.

“IPHI pasti bisa memotivasi masyarakat yang mampu untuk beribadah haji. Ayo, ke Mekkah, berangkat, daftar-daftar,” ungkapnya. 

Ia mengakui bahwa tugas ini sangat sulit dilakukan. Namun, pihaknya yakin IPHI bisa melakukan hal tersebut yakni bersinergi dengan Kemenag. Termasuk, melengkapi struktur ke bawah. 

Senada disampaikan oleh Sekretaris IPHI Jawa Timur, H Muhammad Nawawi, menambahkan, pengurus IPHI harus bisa bersinergi dengan program pemerintah. Baik di tingkat kabupaten, maupun di tingkat provinsi dan pusat. 

“Harus bersinergi, agar peningkatan jamaah haji terus meningkat,” tuturnya. 

Ia pun meminta agar hendaknya IPHI juga turut membantu mensosialisasikan terkait pembatalan keberangkatan haji tahun ini. 

“Hari ini di TV, di Medsos, sedang dibahas ratusan ribu orang tentang tidak bisa memberangkatkan CJH. Untuk itu kepasa pengurus IPHI dimohon bisa memberikan pencerahan yang lebih baik kepada seluruh CJH,” tutupnya. 

Untuk informasi Musda IPHI diikuti oleh seluruh perwakilan IPHI se kabupaten. Tepatnya, yakni dari 23 kecamatan yang masing-masing diwakili hanya satu orang. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here