Buka Pekan Batik Bondowoso 2019, Ini Kata Bupati Salwa Arifin

85
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat memukul gong, sebagai tanda dibukanya Pekan Batik Bondowoso 2019

BONDOWOSO – Bupati KH Salwa Arifin membuka Pekan Batik Bondowoso 2019, yang bertagline ‘Bangga Batik Bondowoso, Bondowoso Melesat’, Senin (21/10/2019) di Gelora Pelita.

Ditandai dengan pemukulan gong bersama seluruh pimpinan Forkopimda, Bupati Bondowoso dalam sambutannya memberikan dukungan penuh kepada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk terus berkesinambungan dalam menjaga eksistensi batik Bondowoso.

“Pekan Batik ini pertama kalinya digelar di Bondowoso. Saya bangga batik bisa menjadi budaya yang tetap eksis di tengah perkembangan jaman. Oleh karena itu, saya ingin kegiatan seperti ini terus digelar di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Pemkab Bondowoso melalui Diskoperindag akan terus memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas batik. Pemerintah juga berusaha untuk mempromosikan batik, karena insdustri batik ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Batik memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Oleh karena itu, pemerintah juga akan menggalang dukungan dari pihak perbankan, instansi vertikal dan sinergi lintas sektor agar industri batik di Bondowoso mampu bersaing hingga mancanegara,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Diskoperindag Bondowoso, Sigit Purnomo dalam laporannya mengarakan, Pekan Batik Bondowoso 2019 ini menjadi wadah bagi semua pengrajin, desainer dan industri bati dalam menjaga eksistensi batik sebagai produk budaya dan mewadahi sumber daya manusia industri batik serta memberikan edukasi tentang batik kepada masyarakat.

“Ini wadah bagi pecinta batik, para pengrajin dan industri batik untuk bisa berekpresi dalam meningkatkan kualitas batik, agar tidak hanya mampu bermain dalam kancah lokal saja, akan tetapi bisa bersaing di kancah nasional. Bahkan di tingkat internasional,” ujarnya. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here