Bupati Bondowoso Pimpin Apel Akbar Hari Santri Nasional 2019

KH Salwa : Santri harus berani, bilang 'tidak' untuk kebhatilan

65
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat berfoto bersama dengan pengurus NU dan Forkopimda usai menggelar Apel Akbar peringatan Hari Santri tahun 2019 di Alun-alun Bondowoso

BONDOWOSO – Bertajuk ‘Menumbuhkembangkan Potensi Santri Untuk Peradaban Indonesia’, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Apel Akbar memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 di alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo, Selasa (22/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin yang bertindak sebagai inspektur apel berpesan agar, para santri menjadikan hari santri ini sebagai jembatan emas dalam rangka mengedepankan keberadaan Islam.

“Jadikan ini sebagai momentum meningkatkan rasa kebangsaan, cinta tanah air dengan terus menggelorakan ‘Nasionalisme bagian dari Iman’. Artinya, Negara dengan Agama tidak bisa dipisahkan, seperti yang tercermin dalam Pancasila sila pertama, yakni, Ketuhanan Yang Maha Esa,” jelasnya.

Bahkan, hari santri juga diharapkan bupati yang juga seorang ulama di Kabupaten Bondowoso ini, sebagai revitalisasi etos moral kesederhanaan, asketisme dan spiritualisme yang melekat sebagai karakter kaum santri.

“Etos ini sangat penting ditengah merebaknya budaya korupsi, narkoba, LGBT dan hoax yang mengancam masa depan bangsa. Intinya, santri harus berani berkat ‘Iya’ untuk kebenaran dan ‘Tidak’ untuk kebhatilan” ungkap KH Salwa.

Sebelum menutup sambutannya, KH Salwa menyampaikan, agar para santri selalu mengikuti perkembangan jaman. Seperti menggunakan teknologi informasi, tentunya, dalam hal kebaikan yakni sebagai sarana atau media dakwah serta menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan umat.

“Santri bukan hanya istilah bagi mereka yang mondok di pesantren, melainkan, semua yang selalu mengamalkan kebajikan sebagaimana yang diajarkan di pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari. Selamat hari santri nasional 2019. Hidup Santri!,” tutupnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here