Bupati Salwa: Orangtua Wajib Awasi Anak dalam Penggunaan Gadget

9
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengingatkan orangtua dan tenaga pendidik untuk memberikan pengawasan penuh terhadap anak dalam menggunakan gadget atau smartphone.

Kepada orangtua, bupati menegaskan agar selalu mengawasi dan mengontrol anaknya agar tidak terlalu fokus dalam penggunaan gadget. Karena, kemajuan teknologi saat ini ibarat pisau bermata dua, yang jika tidak disikapi dengan bijaksana, akan membawa dampak negatif terhadap perkembangan mental anak.

“Orangtua sangat berperan penting dalam perubahan perilaku anak agar pergeseran budaya tidak terlalu mempengaruhi budaya membaca. Orangtua dan guru juga wajib mengawasi anak dalam penggunaan gadget,” urai Bupati, usai mengikuti acara Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) di pendopo, Sabtu (27/7/2019).

Dikatakan Bupati, saat ini masih banyak orangtua yang membiarkan anak-anaknya dan tidak membatasi saat mereka bermain gadget atau semacamnya. Hal tersebut merupakan salah satu indikator pergeseran nilai budaya, sehingga anak cenderung kurang bersosialisasi dengan teman-temannya, bahkan terkadang mudah emosi.

“Batasi penggunaan gadget atau larang anak menggunakan HP terutama anak pada usia Dini. Budayakan permainan tradisional, karena hal ini dapat menumbuhkan kreatifitas dan jiwa sosial terhadap anak,” tuturnya.

Lebih jauh, Bupati memaparkan sebagai orangtua tentunya mengharapkan anak-anaknya menjadi anak yang cerdas, beradab dan berbudaya. Salah satu indikator untuk menumbuhkan rasa percaya diri serta cinta akan budaya pada anak adalah dengan mengajarinya membacakan buku.

“Dengan membaca akan dapat meningkatkan imajinasi dan kemampuan anak serta membaca buku dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan  daya pikir anak,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here