Calon Pendamping KUBE PFM Diseleksi, Tim Penguji : Kita Nilai Mental Mereka

528
Proses wawancara seleksi pendamping KUBE

BONDOWOSO – Seleksi 27 calon pendamping Kelompok Bersama (KUBE) Penanganan Fakir Miskin (PFM) di Kabupaten Bondowoso dimulai, yakni, tes tulis dan wawancara.

Seleksi yang digelar sehari tersebut diikuti 27 calon pendamping KUBE PFM setelah kesemuanya dinyatakan lolos dari verifikasi administrasi pendaftaran oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bondowoso.

“Kami uji mereka dengan tes tulis dan tes wawancara. Dari ke-27 calon tersebut, nantinya hanya diambil 9 orang sebagai pendamping KUBE PFM tahun 2020,” ungkap salah satu tim penguji dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI), Marsali, Kamis (18/10/2019), di aula Bappeda Kabupaten Bondowoso, usai seleksi digelar.

Lebih lanjut, mantan Direktur PFM Kemensos RI ini mengatakan, dalam tes itu para calon pendamping KUBE diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara kerja pendamping, agar dapat merangkul anggota KUBE supaya berhasil dalam menjalankan usahanya. 

“9 pendamping KUBE yang nantinya dinyatakan lulus seleksi, dituntut untuk menjadikan kelompok yang didampinginya ini sebagai lahan membuka lapangan kerja para anggota pada khususnya serta masyarakat. Peran pendamping itu diantaranya sebagai, perencana, pembimbing, pemberi informasi, motivator, penghubung, fasilitator dan evaluator,” papar Marsali.

Untuk penilaian sendiri, Marsali menambahkan, bahwa pihaknya menilai dari sikap, mental, sopan santun dan cara bicara para calon pendamping KUBE PFM ini.

“Penilaian itu kami lakukan saat melakukan wawancara kepada masing-masing peserta seleksi setelah dilakukan tes tulis,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here