Cegah Penularan Covid-19 Kluster Hajatan, Satgas Lakukan Penyekatan Skala Mikro

72
Kepala Dinas Kesehatan, M Imron saat dikonfirmasi media

BONDOWOSO – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso, dr Muhammad Imron menilai penyebab kluster hajatan covid-19 yang melanda Desa Bendelan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso adalah virus migrasi dari daerah luar. 

Seperti diberitakan sebelumnya, 14 warga di Desa Bendelan dinyatakan positif covid-19 usai menghadiri hajatan. Dinkes tak bisa mengetahui secara pasti dimana pertama kali virus tersebut menulari penyelenggara atau warga. Karena mereka saat ditanya tidak ada riwayat dari luar kota.

“Kalau melihat tingkat penyebarannya, dugaan kita sementara kluster hajatan ini kemungkinan adalah virus migrasi dari tamu dari luar kota yang juga datang ke hajatan,” ungkap Imron usai mengikuti rapat rutin dengan Pemprov tentang PPKM mikro, di Sabhabina Praja I, Rabu (9/6/2021). 

Dirinya menduga penyebab cluster migrasi tersebut berasal dari pengantin yang baru saja datang dari luar daerah. Akan tetapi dirinya bersama pihak terkait, masih terus mendalami penyebab munculnya kluster hajatan tersebut

“Kita kroscek desa tempat tinggal pengantin tersebut. Kita juga masih belum bisa memastikan penyebabnya apakah penularan covid-19 ini berasal dari orang yang bepergian ke Bali,” ujarnya. 

Saat ini, langkah paling tepat yang dilakukan oleh Satgas Penanganan covid-19 adalah melakukan penyekatan skala mikro di tingkat RT, untuk menghentikan penyebaran virus. 

“Kita terus melakukan penyekatan skala mikro pada daerah yang terpapar virus migrasi ini, yaitu di desa yang terpapar hingga satu RT,” tegasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here