Dampak Kekeringan, Gubernur Jatim Salurkan Bantuan Air Bersih di Bondowoso

98
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bersama Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat berdialog dengan warga dan menyalurkan bantuan air bersih di Desa Gayam

BONDOWOSO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memberikan bantuan air bersih di Kabupaten Bondowoso. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Dusun Desa Gayam Kecamatan Botolinggo, Kamis (11/7/2019).

Bantuan tersebut diberikan kepada desa yang terdampak kekeringan dipuncak musim kemarau yang diperkirakan terjadi bulan Agustus mendatang oleh BMKG.

“Ada 180 desa yang tersebar di 24 Kabupaten yang bakal terdampak kekeringan. Menurut BMKG, puncak kemarau nanti diprediksi terjadi dibulan Agustus. Jadi bulan Juli ini masing-masing melakukan antisipasi,” jelasnya usai memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Desa Gayam.

Selain itu, dikatakan Khofifah, selain memberikan bantuan air bersih, opsi membuat sumur bor menjadi cara strategis mengatasi kekeringan di Desa yang terdampak di musim kemarau.

“Karena saya datang bersama Kadis PU Bina Marga, dan Kadis ESDM, dan BPBD. Saya harap besok sudah ada utusan dari Pemkab Bondowoso terutama adalah Sekda dan Bappeda untuk segera dibuat pemetaan. Memang waktunya mepet sekali,” tegasnya.

Namun demikian, dijelaskan Gubernur Jatim ini, opsi membuat sumur bor menjadi strategi yang sangat mungkin dilakukan untuk segera mengantisipasi terjadinya kekeringan yang sudah diprediksi oleh BMKG tersebut.

“Tolong Camat dan Kepala Desa agar segera berkoordinasi dengan Pemkab Bondowoso untuk segera melakukan pemetaan,” ungkapnya.

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, yang ikut mendampingi kehadiran orang nomor satu di Jatim ini mengamini, bahwa Desa Gayam setiap tahunnya pasti terdampak kekeringan disetiap musim kemarau.

“Jadi, opsi pembuatan sumur bor ini memang solusi yang sangat komprehensif untuk mengatasi masalah kekeringan di desa ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain memberikan bantuan air bersih, bantuan yang diberikan diantaranya, 120 Jerigen berkapasitas 20 liter, 30 buah tandon air. Untuk tandon disebarkan pada 9 kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Sedangkan Desa Gayam, mendapatkan bantuan 2 tandon. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here