Dana Desa Tahap Ketiga di Bondowoso Sudah Proses Transfer ke RKD

162
Ahmad Yulianto, Kabid PMD (Paling kanan)

BONDOWOSO – Pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga di Kabupaten Bondowoso sudah dalam proses transfer ke rekening kas desa.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Dinas PMD Kabupaten Bondowoso, Ahmad Yulianto, ketika dikonfirmasi di ruangannya, Senin (9/12/2019).

Menurutnya, sebanyak 209 Desa se-Kabupaten Bondowoso telah proses transfer dari kas daerah (kasda) ke rekening kas masing-masing desa.

“Sudah proses transfer ke masing-masing rekening kas desa,” jelas Yulianto panggilan akrabnya.

Jika sudah masuk ke masing rekening kas desa, dikatakan Yulianto, selanjutnya itu menjadi kewenangan pihak desa dan kecamatan untuk mencairkannya.

“Kalau udah masuk ke rekening kas desa, itu kewenangan pemilik rekening,” ungkapnya.

Sebelumnya, hingga bulan Oktober 2019 lalu, DD tahap tiga masih belum bisa dicairkan karena terkendala adanya selisih laporan dari Pemerintah Desa (Pemdes) melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) dengan laporan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Sehingga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melakukan rekonsiliasi bersama Pemdes dan Operator desa. Sehingga laporan dalam OM-SPAN dan Siskeudes tak ada selisih dan terintegrasi. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here