Dewan Pengurus Daerah KNPI Bondowoso Periode 2019-2022 Dikukuhkan

300
Sekretaris DPD KNPI Jatim Muhammad Nur Amiruddin bersama Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat, Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajad saat menyaksikan pengukuhan DPD KNPI Kabupaten Bondowoso

BONDOWOSO – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bondowoso, periode 2019-2022 dikukuhkan oleh Sekretaris DPD KNPI Jawa Timur, Sabtu (25/7/2020), di Pendopo Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh Rahardjo yang menakhodai DPD KNPI Kabupaten Bondowoso, menerima bendera pataka dari Sekretaris DPD Jatim Muhammad Nur Amiruddin, dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat, Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajad, Dandim 0822, Kapolres dan seluruh anggota KNPI Bondowoso yang baru dikukuhkan.

Mengawali sambutannya, Kukuh Rahardjo menyampaikan serangkaian kegiatan yang pernah dilakukan oleh KNPI Bondowoso. Dirinya juga menjabarkan, jika KNPI harus mampu bangkitkan semangat pemuda untuk menorehkan kejayaan bangsa dan berperan aktif untuk masyarakat.

“Kami sudah melakukan pembagian puluhan masker, penyemprotan disinfektan ditempat ibadah, ikut bergabung dalam tim relawan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 bidang komunikasi, ikut berpartisipasi dalam serangan reboisasi 1 Maret 2020 di Kecamatan Ijen, dan ikut andil dalam semalan di kampung pinggiran bersama Forkopimda,” terangnya.

Kedepan, di era kepemimpinannya, Kukuh berharap KNPI bisa terus berbuat demi kemajuan Bondowoso. Menurutnya, tidak perlu melalui kegiatan seremonial yang megah, cukup dengan sesuatu yang sederhana namun syarat manfaat bagi masyarakat.

“KNPI Bondowoso akan menjadi wahana optimalisasi peran dan kiprah anak-anak muda dalam mengisi pembangunan, serta menjadi media aktualisasi hidup dalam kepmimpinan dan kenegarawanan kaum muda agar berkontribusi langsung bagi masyrakat,” pesannya.

Kukuh yang juga politisi Partai Golkar ini juga mengharap dukungan, doa dan restu semua Forkopimda, tokoh agama dan pejabat publik di Kabupaten Bondowoso, untuk terus bersinergi dengan KNPI dalam membawa perubahan.

Kukuh Rahardjo yang menakhodai DPD KNPI Kabupaten Bondowoso, menerima bendera pataka dari Sekretaris DPD Jatim Muhammad Nur Amiruddin

“Ijinkan kami para pemuda yang bergabung dalam KNPI berada di garda terdepan untuk mengawal cita-cita nasional dan perubahan sosial ke arah yang lebih baik, sebagaimana diamanahkan dalam UUD 1945 dalam wadah NKRI,” harapnya.

Sementara, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang diwakili oleh Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat, dalam sambutannya mengucapkan selanmat HUT KNPI ke 47 dan ucapan selamat atas dikukuhkannya Dewan Pengurus KNPI Bondowososo.

“Semoga di usianya yang ke 47 tahun, KNPI makin jaya dan terus menginspirasi pemuda Indonesia, khususnya di Bondowoso. Pengurus yang baru dilantik ini, diharapkan menjadi pemicu semangat baru dalam mengangkat aktivitas kegiatan organisasi kepemudaan ke arah yang lebih baik,” kata Wabup Irwan.

Untuk menjawab tantangan yang semakin meningkat dan beragam, akibat dari perkembangan dinamika kehidupan, KNPI dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan, terutama SDM. Lakukan evaluasi terhadap program-program yang telah ada, temukan kelamahan dan masalah masa lalu, cari jalan keluarnya. Lahirkan program-program baru, yang mampu memotivasi pemberdayaan anggota dalam kehidupan masyarakat.

“Yang terpenting adalah, jadilah generasi yang mampu mengaktualisasi diri, dalam bentuk sikap yang dewasa, bertanggung jawab serta antisipatif dan responsif terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi, baik dalam skala besar maupun kecil,” ujarnya.

Melalui Wabup Irwan, Bupati Bondowoso berharap agar KNPI terus menonjolkan identitasnya sebagai wadah berhimpunnya seluruh organisasi kepemudaan.

“KNPI Bondowoso harus meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat maupun dengan Pemerintah Daerah, sehingga terjalin sinergi yang berkesinambungan menuju Bondowoso Melesat,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mochammad Nur Arifin Ketua KNPI Jawa Timur, yang diwakili oleh Sekretaris DPD Jatim Muhammad Nur Amiruddin dalam sambutannya sangat mengapresiasi DPD KNPI Bondowoso. Pasalnya, Kabupaten Bondowoso menjadi wilayah yang pertama kalinya mengkukuhkan Dewan Pengurus Daerah, di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga KNPI Bondowoso bisa menempatkan diri menjadi bagian element kebangsaan, sehingga mampu bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah, mampu memberikan solusi yang efektif untuk persoalan-persoalan kebangsaan,” pungkasnya. (rzq/ich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here