Di Bondowoso, Penyaluran BPNT Masih Terkendala Jaringan Internet

127
Bupati KH Salwa Arifin bersama Wakil Bupati H Irwan Bachtiar saat menyaksikan salah satu warga saat mencairkan BPNT

BONDOWOSO – Supervisor Pemasaran Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Bondowoso, Bambang Susilo mengatakan, penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bondowoso masih menyisakan sedikit kendala.

Menurutnya, penyaluran program dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Bondowoso ini, masih terkendala akan adanya daerah yang masih jauh dari jangkauan internet atau blank spot.

“Sebelum kita menentukan agen BNI-46 yang menyalurkan BPNT ini, kita lihat terlebih dulu sinyal internetnya melalui GPS. Kita memang mendahulukan agen-agen yang jangkauan internetnya kuat,” ungkap Bambang, di Pendopo Bupati, Rabu (22/4/2020).

Namun demikian, dikatakannya, untuk daerah yang memang benar-benar tidak terjangkau internet alias blank spot, pihaknya tetap berkoordinasi dengan stakeholder terkait, sehingga tidak mengganggu jalannya pendistribusian BPNT kepada warga miskin ini.

“Kita tetap berkoordinasi dengan para pendamping program BPNT dari Dinas Sosial. Antisipasi untuk penerima BPNT di daerah blankspot, mungkin nanti para pendamping itu mengarahkan para penerima program ini ke agen-46 terdekat yang terjangkau internet,” tukasnya.

Saat ini, realisasi untuk BPNT sembako, masyarakat menerima sekitar Rp200 ribu per bulan. Dari nominal tersebut, masyarakat bisa membelanjakan sembako di agen-agen BNI-46 yang tersebar di 23 kecamatan.

“Ada sekitar 150an agen BNI-46 yang melayani belanja sembako KPM. Tapi nanti ini ada penambahan sekitar lebih kurang 78 sampai 80an, sehingga untuk Bondowoso akan ada sekitar 230an agen,” tutupnya

Seperti diketahui, tahun 2020 ini, Kabupaten Bondowoso mendapat tambahan penerima BPNT sebanyak 47.177. Sementara, jumlah penerima BPNT atau program sembako dari Kementrian Sosial di Bondowoso pada tahun 2020 mencapai 80.189 yang kartunya telah diterima oleh KPM. Jumlah ini terdiri dari penerima PKH dan BPNT (Sembako). (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here