Dinas Dikbud Bondowoso Berkomitmen Atasi Kebocoran Soal UN

Harimas: Ini Komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan

167
H Harimas MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso saat memberikan sambutan dalam Rakor persiapan UN tinfkat SMP/MTs di Aula SMKN 4 Bondowoso

BONDOWOSO – Menjelang Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs, Kelompok Belajar (Kejar) Paket B dan C di Kabupaten Bondowoso, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan UN di aula SMKN 4, Selasa (26/3/2019).

Dikatakan Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Bondowoso, Harimas, Rakor persiapan pelaksanaan UN digelar dalam rangka menyukseskan dan menginvetarisir kendala, atau permasalahan yang bakal muncul dalam pelaksanaan ujian nasional April 2019 mendatang ini.

“Kendala yang dimaksud seperti, kekurangan tenaga pengawas dan penjaga ujian di sekolah serta permasalahan lainnya. Dengan rakor begini, kita bisa segera mengantisipasi terjadinya kendala dan bisa segera mencarikan solusinya,” jelasnya usai membuka Rakor Persiapan Pelaksanaan UN, di SMKN 4 Bondowoso.

Namun demikian, dengan tegas Harimas menyampaikan terkait kebocoran soal yang bisa saja terjadi sebelum pelaksanaan ujian. Menjadi atensi dan fokus utama bagi Dinas yang dipimpinnya.

Setiap tahun, kebocoran soal menjadi kasus yang kerap mewarnai pelaksanaan UN. Untuk itu, Harimas mengaku akan terus mengawasi pelaksanaan UN yang jujur dan bersih demi meningkatkan kredibilitas UN.

“Kebocoran soal selalu menjadi perhatian dan komitmen kami. Dari tahun ke tahun kami perbaiki mekanisme pelaksanaan UN agar kredibilitas UN meningkat,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya menjamin tidak ada kebocoran, agar dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini.

“Terutama dalam hal pembuatan soal ujian. Kami sudah berkomitmen dengan tim untuk permasalahan ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh seluruh panitia penyelenggaraan UN, tingkat SMP/MTs, pengawas ujian dan kepala sekolah se Kabupaten Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here