Dinas Dikbud Bondowoso Sosialisasikan Pendidikan Karakter melalui Film Ayu Anak Titipan Surga

192

BONDOWOSO– Film berjudul ‘Ayu Anak Titipan Surga’ yang mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang mempunyai karakteristik pribadi santun, memberikan pelajaran penting tentang pendidikan karakter anak, khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD).

Bukan hanya bagi anak SD, orangtua, bahkan seorang kepala Dinas Pendidikan saja pun sampai terharu menyaksikan film yang digagas oleh Bagus Hariyanto tersebut.

“Saya yang tua saja sampai terharu menyaksikan film ini,” urai Harimas usai mensosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mellaui film Ayu Titipan Anak Surga di New Star Cineplex Bondowoso, Selasa (23/7/2019).

Mantan Sekretaris Dewan tersebut juga mengatakan jika sosok santun seorang Ayu, menginspirasi dirinya beserta seluruh penonton yang mayoritas para tenaga pendidik tersebut. Karakter yang diperankan oleh seorang anak perempuan sangat penting untuk menginspirasi para anak-anak bahkan guru sekalipun.

“Film ini tidak hanya patut ditonton untuk guru ataupun kepala sekolah saja, namun semua warga masyarakat yang merasa menjadi orang tua ini bagus untuk pembentukan karakter,” tuturnya.

Lebih jauh, Harimas mengungkapkan jika tokoh Protagonis dalam film anak ini berfungsi menghidupkan cerita dengan harapan penonton memaknai bahwa kejahatan harus dibalas dengan kebaikan.

Lain halnya dengan pemeran antagonis yang diperankan oleh anak yang bernama Evi, dengan tipu muslihatnya segala macam cara untuk menjatuhkan Ayu.

“Meski selalu dijadikan kambing hitam oleh temen-temennya dia tidak pernah punya rasa dendam, dia balas semuanya dengan kasih sayang dan kebaikan,” ujarnya.

Melalui pemutaran film tersebut, dirinya berharap dapat menggali inspirasi seorang tenaga pendidik bagaimana cara membentuk karakter seorang anak didiknya.

“Kedepan kita harapkan agar para guru terinspirasi oleh film ini untuk untuk menumbuhkan karakter seperti pemeran difilm ini,” tukasnya. (Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here