Dinas Kominfo Sosialisasikan Pembuatan Website Desa

57
Suasana sosialisasi pembuatan website desa

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat, mensosialisasikan pembuatan website desa, di aula Shaba Bina Praja II, Kamis (30/1/2020).

Melalui sosialisasi tersebut, para perangkat desa diajak untuk bisa memahami bagaimana cara pembuatan website atau laman desa.

“Sosialisasi ini dilaksanakan dengan maksud agar teman-teman kepala desa lebih memahami tentang maksud pembuatan website desa, serta bagaimana memanfaatkannya untuk mendukung penyebarluasan informasi, serta promosi potensi desa,” ungkap Kepala Dinas Kominfo, Haeriah Yuliati.

Menurut Haeriah, disamping melibatkan para kepala desa, pemerintah juga melibatkan peran camat untuk mensuport dan memotivasi dalam mengelola dan memanfaatkan website yang disediakan oleh Pemerintah Daerah.

“Adapun keterlibatan camat sangat dibutuhkan untuk mendorong dan memotivasi desa dalam mengelola dan memanfaatkan web desa yang sudah kita buat,” tuturnya.

Lebih jauh Haeriah mengatakan, pembuatan website desa tersebut diharapkan agar dapat membantu dan mengelola kepentingan yang berada di desa, sehingga upaya pemerintah untuk membangun Bondowoso dari pinggiran bisa tercapai dengan maksimal.

“Harapan kita agar keberadaan website ini bisa dikelola dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan desa,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala seksi (Kasi) Aplikasi dan Data Base, Eka Kusuma Astuti mengutarakan, dalam pembuatan website tersebut terdiri dari tiga tahapan yang diprakarsai oleh Kolaborasi masyarakat dan pelayanan untuk kesejahteraan (Kompak) dan telah dicontohkan kepada 10 Desa di kabupaten Bondowoso.

“Pembuatan website ada 3 tahap, pertama diprakarsai kompak ada 10 desa percontohan, tahun¬†2017 direplikasi 61 desa dan kelurahan, tahun 2018, ada 83 desa dan kelurahan, untuk¬†tahun 2019 ada 58 desa yang telah direplikasi,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here