Dinas Perkim Mulai Uji Publik Naskah Akademi Raperda PSU

17
Kepala Bidang Penyediaan Perumahan, Eko Pribadi bersama narasumber dari Unej saat uji publik di aula Dinas Perkim

BONDOWOSO – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bondowoso, menggelar uji publik naskah akademik penyerahan prasarana sarana utilitas perumahan dan permukiman, di aula dinas setempat, Rabu (27/11/2019).

Menurut Kepala Bidang Penyediaan Perumahan Dinas Perkim, Eko Pribadi mengatakan, kegiatan tersebut masih dalam tahap penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tahun 2020.

“Jadi, saat ini naskah akademiknya masih disusun oleh tim dari universitas Jember (Unej),” ungkapnya.

Dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD), Dinas Perkim mengusulkan Raperda penyerahan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) Perumahan. 

“Kita kan belum punya Perda PSU penyerahan perumahan, jadi saat ini kita mulai dari naskah akademik dulu, baru nanti kalau sudah uji publik yang kedua akan disempurnakan raperda tersebut. Aturannya di Bondowoso belum ada untuk penyerahan PSU, seperti jalan dan taman,” ujarnya.

Lebih jauh, Eko menuturkan jika untuk menyempurnakan Raperda, masih dibutuhkan uji publik dahulu. Setelah itu, akan di Raperdakan, sesuai dengan Permendagri tahun 2009, Pemkab diwajibkan membuat aturan serah terima PSU.

“Jadi, kalau ada developer membangun perumahan, harusnya jalannya diserahkan kepada Pemkab, sehingga apabila untuk mengusulkan jalan yang rusak bisa melalui kita,” pungkasnya.

Hadir dalam acara uji publik naskah akademik, beberapa perwakilan dari Kepala Desa, kelurahan, para pengembang, dan narasumber dari Unej. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here