Dinsos Bondowoso Anggarkan Bantuan Pemulasaraan Jenazah ODHA Rp25 Juta Setahun

269
Ilustrasi

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso tahun 2019, mengalokasikan anggaran untuk biaya pemulasaraan jenazah penderita HIV/AIDS melalui Dinas Sosial (Dinsos) sebesar Rp25 juta.

Alokasi anggaran itu hanya untuk biaya pemulasaran jenazah penderita HIV/AIDS sebanyak 10 orang, dengan alokasi masing-masing penerima bantuan sebesar Rp 2,5 juta.

Menurut Kepala Dinsos Kabupaten Bondowoso, Amir Hidayat, hingga saat ini penderita HIV/AIDS yang meninggal dunia sebanyak delapan orang. Namun, yang telah mendapat bantuan pemulasaran jenazah dari Pemkab masih lima orang.

“Yang sudah mendapat bantuan dari Pemkab Bondowoso masih lima orang. Mereka berasal dari Kecamatan Tenggarang, Tegalampel, Bondowoso dan Grujugan,” ungkapnya, Rabu (27/11/2019), di ruangannya.

Sedangkan tiga Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang juga telah meninggal dunia lainnya itu, dikatakan mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bondowoso ini, dua diantaranya masih dalam proses pengajuan untuk mendapatkan bantuan biaya pemulasaraan jenazah.

“Yang dua orang sudah dalam proses pengajuan. Sedangkan yang satu orang ini, sampai sekarang pihak keluarganya masih melengkapi persyaratan yang kami minta untuk mengajukan dan mendapatkan bantuan ini,” papar Amir Hidayat.

Sementara, dijelaskan Amir, untuk mendapatkan bantuan biaya pemulasaraan jenazah penderita HIV/AIDS dari Pemkab Bondowoso ini, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh pihak keluarga dan diserahkan kepada Dinsos.

“Pihak rumah sakit atau puskesmas yang menangani akan melaporkan kepada kami di Dinsos. Setelah itu, kami minta pihak keluarga untuk melengkapi persyaratan, seperti, hasil visum dan surat kematian. Itu masih akan diajukan untuk mendapatkan bantuan ini,” jelasnya.

Informasinya, sampai saat ini Dinsos belum pernah disuguhi data pasti tentang ODHA dari pihak Dinas Kesehatan (Dinkes). Sehingga, untuk rencana anggaran pemulasaraan jenazah ODHA untuk tahun 2020 dianggarkan untuk 20 orang penderita. Sedangkan, informasi saat ini, penderita HIV/AIDS di Bondowoso, tercatat hampir mendekati angka 400 orang. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here