Diperta Bondowoso Tingkatkan Pemahaman Gapoktan Tentang UPJA

72
Plt Kabid PSP, Januarko Sufriandi saat dikonfirmasi diruang kerjanya

BONDOWOSO – Guna meningkatkan serta memberikan pemahaman tentang peluang usaha dan Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di kabupaten Bondowoso, Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) menggelar sosialisasi pengembangan mekanisasi pertanian tahun 2019, Selasa (12/11/2019).

Menurut Plt Kepala Bidang PSP, Januarko Sufriandri mengatakan, kegiatan pengembangan mekanisasi pertanian bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Poktan atau Gapoktan, mengenai peluang usaha mekanisasi pertanian.

“Kita berikan pemahaman kepada para Poktan dan Gapoktan agar memahami tentang pentingnya pengelolaan jasa alsintan melalui unit jasa alsintan,” katanya, di ruang kerjanya.

Dikatakan Janu, kegiatan yang diikuti 50 perwakilan dari Gapoktan tersebut, juga untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja, lahan dan ongkos produksi. Sehingga bisa mengurangi beban kerja para petani, bahkan, hal tersebut bisa memberikan capaian visi misi pertanian modern.

“Dapat dipastikan, jika tekhnologi pertanian tersebut telah berhasil dikembangkan dan diterapkan, maka swasembada pangan bisa tercapai,” tuturnya.

Dirinya berharap, pengembangan tekhnologi pertanian dapat diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.

“Prasarana pertanian kita masih kurang dikelola secara baik, sehingga masih agak sulit dalam melakukan introduksi mesin pertanian, maka dati hal itu, kita berupaya untuk meningkatkan UPJA,” tutupnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here