Diskoperindag Bondowoso Uji Coba Pasar Hewan Selolembu

149
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan, Sigit Purnomo saat melakukan dialog publik dengan para pedagang ternak

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) melakukan uji coba pasar hewan terpadu Desa Selolembu, Kecamatan Curahdami yang berbasis elektronifikasi daerah non tunai, Kamis (14/1/2021).

Disamping uji coba, hal yang paling ditekankan adalah dialog publik dengan seluruh lintas sektor, baik masyarakat, pedagang dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Sebenarnya ini lebih kepada dialog publik, untuk menuju kesempurnaan itu perlu trail atau uji coba yang melibatkan pedagang dan sudah kita ajak diskusi publik agar bisa menyampaikan apa saja fasilitas yang harus dipenuhi oleh pemerintah,” ungkap Kepala Diskoperindag, Sigit Purnomo saat dikonfirmasi Media.

Menurut Sigit, semua kegiatan harus melewati proses trail atau uji coba, tidak harus secara instan pembentukannya. Sehingga dapat dievaluasi apa saja yang menjadi kendala dan mengevaluasi segala kekurangan.

“Tadi sudah kita lakukan bersama para pedagang, dan telah menemukan kesepakatan,” ujarnya.

Disamping itu, uji coba pasar hewan tersebut juga sebagai upaya pemerintah dalam melakukan percepatan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, sehingga roda perekonomian di tengah masyarakat tetap berjalan dengan baik.

“Ini juga sebagai upaya percepatan ekonomi masyarakat, utamanya para pedagang,” katanya.

Lebih jauh, Sigit menjelaskan, jika para pedagang ternak yang menjual dagangannya di pasar selasaan tidak laku, maka pasar hewan Selolembu tersebut bisa menjadi alternatif para pedagang untuk menjual ternak yang belum laku pada hari Kamisnya.

“Sapi yang tidak terjual di hari Selasa, bisa dijual pada hari Kamis di pasar Selolembu ini. Intinya pasar ini kita buka pada Selasa dan Kamis,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here