Disparpora Bondowoso Fokus Bangun Wisata di KSPK I

58
Suasana Rakor Disparpora dengan beberapa instansi terkait, terkai pembangunan di KSPK I

BONDOWOSO – Ditahun 2020, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso konsentrasi pada pelaksanaan pembangunan di Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) I.

Pelaksanaan pembangunan di KSPK 1 itu sesuai Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten (Ripparkab), yang diantaranya, Paltuding, Kawah Wurung, Bosamba dan Batu So’on Solor.

“Tapi tidak mengabaikan pariwisata yang lain, yang diluar KSPK 1,” jelas Harry Patriantono, Kamis (27/2/2020), di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pihak Disparpora Kabupaten Bondowoso perlu melakukan koordinasi bersama Perhutani serta Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Karena menurutnya, destinasi wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di KPSK I banyak yang berdiri di lahan milik Perhutani serta BKSDA.

“Kita harus memiliki kepastian hukum berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pemilik lahan, yakni, Perhutani dan BKSDA, meskipun itu sudah ada sejak lama. Kegiatan kita banyak dilaksanakan di area Paltuding dan itu yang belum ada MoU-nya. MoU itu untuk pengamanan aset kita,” papar pria yang akrab disapa Harry ini.

Namun demikian, dikatakan Harry, saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), perjanjian kerjasama itu minimal harus 5 tahun.

“Dari rapat koordinasi dengan pihak Perhutani dan BKSDA tadi, kita hanya bisa membuat MoU untuk 2 tahun saja. Tetapi masih bisa diperpanjang,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here