Disparpora Terus Tingkatkan SDM Pemandu Wisata di Bondowoso

47
Pelatihan pemandu wisata pedesaan dan perkotaan di aula rapat Baratha Hotel

BONDOWOSO – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pemandu wisata di wilayah perkotaan dan pedesaan.

Keseriusan Disparpora ini seiring dengan pembangunan sarana dan prasarana di semua destinasi wisata, dalam rangka menyambut Unesco Global Geopark. Oleh karena itu, puluhan pemandu wisata dan pelaku wisata di perkotaan dan pedesaan, mendapat pelatihan di aula rapat Baratha Hotel, Rabu (11/11/2020).

Kepala Seksi (Kasi) SDM  Atraksi dan Pertunjukan, Intan Puspita Dewi mengatakan, pelatihan ini digelar guna meningkatkan kompetensi pemandu wisata di Bondowoso serta pemahaman mereka akan etika profesi menuju pembentukan pemandu wisata yang profesional.

“Melalui pelatihan ini, para pelaku dan pemandu wisata ini juga akan lebih profesional menyambut Unesco Global Geopark, yang nantinya akan mendatangkan banyak wisatawan lokal, nasional dan manca negara. Maka mereka para pemandu kita latih agar bisa memberikan memberikan kenyamanan dan informasi yang benar dan menarik kepada wisatawan,” katanya.

Selain itu, para pemandu ini nantinya diglembleng agar mengenal produk dan karakter pariwisata di Kabupaten Bondowoso yang masuk dalam map Ijen Nasional Geopark dan objek wisata lainnya.

“Apabila para pemandu wisata ini dapat menjalankan tugasnya secara profesional, maka dapat berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Bondowoso,” imbuhnya.

Sementara, Menurut Arif Setio Rahardjo, pelatihan pemandu wisata budaya pedesaan dan perkotaan merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan pengembangan desa wisata dan wisata perkotaan di Kabupaten Bondowoso yang saat ini tengah menyongsong Unesco Global Geopark.

“Selain sarana prasarana, kita memerlukan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global. Kualitas pemandu wisata akan berdampak pada kenyamanan yang diterima oleh wisatawan selama berada di Bondowoso.Nantinya, seluruh objek di Bondowoso sangat memerlukan pemandu wisata yang profesional,” kata Arif melalui sambungan teleponnya.

Pelatihan ini mendatangkan nara sumber Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Bondowoso, dan diikuti oleh para pemandu wisata anggota Pokdarwis di desa-desa dan pemandu bendi di kawasan kota. (rzq/ich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here