DPRD Bondowoso bersama 16 SKPD Mantapkan Progres Ijen Geopark

90
Rapat Kerja Gabungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rapat Daerah (DPRD) setempat, di Aula Graha Paripurna

BONDOWOSO – Sebanyak 16 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengampu Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG) melakukan Rapat Kerja Gabungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rapat Daerah (DPRD) setempat, di Aula Graha Paripurna, Kamis (25/3/2021). 

Dalam Raker tersebut, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Arif Setyo Rahardjo menyampaikan progres yang telah dilakukan Disparpora dalam menyambut kedatangan tim assesor UGG.

Menurutnya, masing-masing SKPD menyampaikan progres sesuai dengan tupoksinya. Begitupun Disparpora yang juga menyampaikan progres sesuai dengan SK Bupati dalam upaya mensukseskan Ijen Geopark menuju UGG. 

“Mulai dari sosialisasi kepada masyarakat, serta kerjasama dengan stakekolder, media, organisasi pemerintah, telah kita komunikasikan untuk melengkapi tatanan dalam upaya menuju Ijen Geopark. Sebagai pengurus harian Ijen Geopark, kami juga telah mengikuti kegiatan-kegiatan nasional, seperti Konferensi Geopark nasional di Jogja,” ujarnya. 

Dirinya berharap kepada seluruh SKPD yang turut serta dalam mensukseskan Ijen Geopark bisa menyesuaikan dalam memenuhi program-program persiapan menuju UGG. 

“Kalau untuk kendala saya rasa tidak terlalu, hanya saja butuh waktu untuk sistem, intinya SKPD harus menyesuaikan dengan alur sistem yang ada biar tidak salah dan sesuai dengan prosedur,” tukasnya.

Sementara, Sinung Sudrajad Wakil Ketua DPRD Bondowoso yang memimpin rapat kerja gabungan menerangkan, kegiatan semacam ini perlu diintensifkan karena Ijen Geopark dikelola bersama 16 SKPD.

“Rapat kerja ini untuk evaluasi dan mencari identifikasi masalah yang ada karena Ijen Geopark ini adalah kerja bersama 16 SKPD,” kata politisi PDI-P ini.

Dia menjelaskan, Ijen Geopark lintas sektoral di 16 OPD harus terbangun sinergitas yang baik. “Ijen Geopark ini harus mendapat dukungan maksimal dari semua sektor. Kesempatan ini harus dioptimalkan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara, Ketua DPRD Bondowoso, H Ahmad Dhafir menegaskan, pihaknya akan terus mendukung penuh Ijen Geopark Bondowoso agar masuk UNESCO Global Geopark (UGG).

“Wakil rakyat sangat mendukung Ijen Geopark. Dengan adanya Ijen Geopark ini nanti diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (yudi/rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here