Dunia Pendidikan di Bondowoso Rawan Perselingkuhan

1080
Jamal Tarik, Bagian Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saat dikonfirmasi media

BONDOWOSO – Setiap tahun, angka perselingkuhan yang terjadi lembaga pendidikan dan dilakukan oleh tenaga pendidik di Kabupaten Bondowoso, dinilai masih tinggi.

Dari data yang disebutkan oleh Bagian Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), kurang lebih dari 7 tenaga pendidikan, telah diproses oleh pihak Dinas Dikbud.

“Kami selaku pengelola data, hampir setiap tahun ada tujuh hingga delapan orang yang kita proses,” ungkap Jamal Tarik, Kamis (24/10/2019), di sela-sela workshop penguatan manajerial Kepala Sekolah di Hotel Palm.

Menurutnya, perselingkuhan tersebut, ada diantaranya dilakukan oleh oknum kepala sekolah dan guru pengajar. Kendati demikian, hal tersebut telah dilakukan proses sanksi kepada yang bersangkutan.

“Data kalau sudah masuk ke bagian ketenagaan, itu pasti sudah diproses. Sanksinya ialah, penurunan pangkat secara berkala atau periodik sesuai dengan aturan,” tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahctiar Rahmat menegaskan agar tidak ada lagi kasus perselingkuhan antara kepala sekolah dan guru, karena hal tersebut dapat merusak tatanan kehidupan, khususnya di dunia pendidikan.

“Saya sudah katakan, peran kepala sekolah itu sangat penting, jangan sampai ada perselingkuhan antara Kepala Sekolah dan guru dan sebagainya, karena hal itu bisa merusak tatanan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Harimas, menyatakan jika pihaknya terus melakukan pendekatan melalui kegiatan pendidikan karakter, agar kasus perselingkuhan yang menyebabkan tingginya angka perceraian di kalangan dunia pendidikan bisa ditekan.

“Kita coba beri arahan melalui pendampingan dan kegiatan pendidikan karakter. Sebagai tenaga pendidik, seharusnya bisa memberikan cerminan karakter yang baik. Jadi kami terus berusaha mencegah hal itu,” tukasnya, Jumat (25/10/2019). (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here