Entaskan Kemiskinan, Pj Sekda Bondowoso : Dana Desa Harus Bersifat Padat Karya

344
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda), Agung Trihandono saat memberikan paparan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) pertama Bupati Bondowoso ke Wilayah Kecamatan, di aula SMK-PP Tegalampel

BONDOWOSO – Angka kemiskinan pada Pemerintahan sebelum kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, KH Salwa Arifin – Irwan Bachtiar Rahmat masih berada diangka 14,39 persen dari jumlah penduduk.

“Masih ada sekitar 110.980 jiwa yang berada dalam garis kemiskinan,” jelas Pj. Sekretaris Daerah (Sekda), Agung Trihandono saat memberikan paparan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) pertama Bupati Bondowoso ke Wilayah Kecamatan, Senin (14/1/2019), di aula SMK-PP Tegalampel.

Dihapadan para Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Binakal, Tegalampel, Pakem dan Wringin ini, Agung menegaskan, bahwa untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Kabupaten Bondowoso, semua Kades juga harus memanfaatkan dana desa yang diterima untuk digunakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan menciptakan sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan.

“Lapangan pekerjaan ini ada yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek. Nah, untuk para Kades gunakan dana desa untuk ciptakan lapangan pekerjaan yang bersifat jangka pendek. Caranya, semua pembangunan fisik yang bersumber dari dana desa harus bersifat padat karya jangan dikontraktualkan. Libatkan semua warga sebagai tenaga kerja,” tegasnya.

Dengan pembangunan infrastruktur yang bersumber dari daa desa dan melibatkan warga sebagai tenaga kerja, dikatakan Agung, pasti akan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Dengan landasan pemikiran ini, kenapa dana desa harus dilakukan dengan padat karya. Makanya, dari kemarin kita melarang untuk dikontraktualkan,” ucapnya lagi.

Untuk diketahui, Kunker Bupati Bondowoso pertama ke Kecamatan ini juga dihadiri diantaranya, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kades se daerah pilihan (dapil) 5.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here