F-PKB Sebut Ada Pungli Adminduk, Bupati Salwa : Itu Terjadi di Tingkat Desa

210
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media

BONDOWOSO – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) dalam PU Fraksinya, menyatakan bahwa masih ada oknum calo yang beroperasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bondowoso.

Namun, hal tersebut dibantah oleh orang nomor 1 di Kabupaten Bondowoso, yakni, KH Salwa Arifin. Menurutnya, tidak ada pungli di Dinas tersebut.

“Saya sudah cek langsung ke Kepala maupun pegawai Disdukcapil Bondowoso, tidak ada pungli disana. Mungkin, itu terjadi di tingkat Desa,” tegasnya usai Rapat Paripurna Jawaban Bupati atas PU Fraksi terhadap 5 Raperda Propemperda 2019 dan Raperda tentang APBD 2020, di aula Graha Paripurna gedung DPRD Bondowoso, Jumat (18/10/2019).

Dikatakan KH Salwa, pihaknya memaklumi jika hal tersebut terjadi di tingkat Desa. Pasalnya, masih banyak orang yang malas untuk mengurus akta kependudukan sendiri, lantaran antri yang cukup lama atau sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu.

“Bisa jadi mereka menyuruh orang untuk mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil, sehingga ada upah atau sekedar ongkos transport,” jelasnya.

Dengan demikian, Bupati yang juga seorang ulama tersebut, meminta kepada Pemerintahan Desa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing.

“Saya himbau kepada Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya untuk tidak melakukan pungli dalam pengurusan administrasi kependudukan warganya. Saya juga himbau agar segera mengatasi permasalahan tersebut,” pungkas KH Salwa Arifin. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here