Festival Durian 2020, Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

30
Sekda Syaifullah saat menyerahkan bibit durian secara simbolis kepada Kepala Desa Sukowono

BONDOWOSO – Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Syafullah bersama Forkopimda menanam 1.000 bibit durian di Desa Sukowono Kecamatan Pujer. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian festival durian yang digelar oleh pemerintah desa setempat, sejak tanggal 3 Maret 2020 lalu.

Sebelumnya, Sekda bersama Dandim 0822 Letkol Inf Jadi, Camat Pujer Ali Junaidi dan Kepala Desa Sukowono Adi Wijaya, meresmikan dan memantau 20 stand bazar durian di lokasi Kampung Duren. Mereka pun juga mencicipi durian milik petani durian yang ada di Kecamatan Pujer, Sabtu (7/3/2020).

Melalui kegiatan tersebut, Sekda Syaifullah berharap bisa menjadi ikon Desa Sukowono sebagai sentra penghasil durian di Kabupaten Bondowoso. Sehingga, melalui produk lokal tersebut, bisa berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Melalui festival kampung durian 2020 ini, saya berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukowono dan sekitarnya. Kedepan, kami berharap kegiatan ini bisa dikemas dengan lebih baik sehingga bisa menarik para pecinta durian dan wisatawan untuk datang ke tempat ini,” harapnya.

Lebih lanjut, Sekda Bondowoso menuturkan, puncak acara festival durian ini menyediakan berbagai varian durian dengan harga yang relatif murah. Tiap stand bazar durian memasarkan durian unggulannya dengan berbagai varietas.

“Estimasi harga durian sangat bervariasi mulai dari harga Rp20 – 125 ribu. Pengunjung yang datang pun mencapai ratusan orang setiap harinya, sehingga perputaran uang dapat mencapai Rp5 juta per hari,” jelas Sekda.

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan tersebut, berimbas pada peningkatan kesejahteraan petani durian. “Ini patut diapresiasi dan didukung, karena termasuk dalam upaya mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati menuju Bondowoso Melesat,” terangnya.

Wadah untuk memberikan ruang bagi petani dan pelaku usaha durian ini, lanjutnya, sejatinya menjadi sarana untuk mempromosikan produk unggulan durian lokal di wilayah Desa Sukowono. “Kedepan harus lebih ditingkatkan lagi,” tukasnya. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here