Final, Enam Fraksi DPRD Bondowoso Setujui Interpelasi

437
Ketua DPRD Bondowoso, Ahcmad Dhafir saat diwawancara

BONDOWOSO- Hak Interpelasi yang dilayangkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso terhadap kebijakan Bupati Salwa Arifin, akhirnya disetujui oleh seluruh Fraksi DPRD.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD setempat, Ahmad Dhafir usai menggelar rapat paripurna Intern, Senin (18/11/2019) di gedunh DPRD.

“Setelah melakukan mufakat tanpa voting, akhirnya semua Fraksi-fraksi setuju untuk melakukan Interpelasi,” ungkapnya kepada media.

Dikatakan Dhafir, sebagai mitra dari pemerintah, wajib hukumnya bagi DPRD untuk selalu menggunakan haknya dalam mengawasi seluruh kebijakan yang diambil oleh Bupati, salah satunya, hak interpelasi.

“Sebagai mitra, fungsi DPR adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang, perda, termasuk peraturan bupati,” ujarnya.

Lebih jauh, orang yang sebelumnya menjadi rival dari pasangan SABAR (Salwa -Bachtiar) di Pemilihan Kepala Daerah kemarin menerangkan, jika hak interpelasi, adalah bersifat untuk mengklarifikasi atas kebijakan bupati terkait mutasi ASN beberapa waktu lalu.

“Apapun jawaban bupati nantinya akan kita jadikan dasar untuk melaksanakan pengawasan, tentunya kita akan membahas lagi dengan komisi ASN, biar tidak dikira tendensius terhadap bupati,” paparnya.

Sementara menurut juru bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Zahlawi Zein menilai jika keputusan yang ditetapkan oleh Ketua DPRD tentang Interpelasi dinilai sangat terburu-buru tanpa adanya kajian yang mendalam.

“Menurut saya, seharusnya ada ruang waktu untuk meneliti dan menelaah secara detail, sehingga apapun nanti keputusannya tidak ada kesan keburu-buru,” katanya.

Dirinya menambahkan, mutasi ASN kemari telah memenuhi syarat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga sebagai mitra pemerintah DPRD tidak mempunyai hak untuk menilai proses mutasi tersebut cacat hukum dan sebagainya.

“Selama peraturan perundang-undangan termasuk keputusan itu tidak dinyatakan sebaliknya oleh badan yang berhak, maka tetap dinyatakan sah, kami melihat mutasi kemarin sudah sesuai dengan prosedur,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here