Final ! Kawah Ijen Jadi Milik Bondowoso dan Banyuwangi

67
Bupati dan Wakil Bupati bersama Bupati Banyuwangi saat menyepakati batas wilayah Kawah Ijen di Surabaya

BONDOWOSO – Meski terkesan alot dan memakan waktu yang cukup lama, akhirnya sebagian wilayah Kawah Ijen dibagi menjadi bagian Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. 

Pembagian wilayah tersebut tertuang di dalam pertemuan antara kedua kabupaten, yang difasilitasi oleh Kementrian Dalam Negeri, Kamis (31/5/2021) di Surabaya. 

Kepala Bagian Pemerintahan (Kabagpem) Pemkab Bondowoso, Juni Sukarno menerangkan, proses panjang pembagian batas wilayah dari sebelas subsegment antara Bondowoso dan Banyuwangi telah menemukan titik terang.

‚ÄúSetelah sejak tahun 2002 silam hingga tahun 2021, saat ini wilayah Kawah Ijen resmi menjadi bagian Bondowoso dan Banyuwangi,” ungkapnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat, (4/6/2021). 

Dikatakan Juni, dari kesepakatan tersebut tidak bisa lagi diganggu gugat, Hal tersebut telah digariskan oleh yang berwenang. Jadi untuk sisi sebelah barat, masuk wilayan Bondowoso dan sisi sebelah timur jadi milik Banyuwangi.

“Ini adalah keputusan pemerintah pusat, jadi dari semua kesepakatan yang telah dibuat antara Bondowoso dan Banyuwangi, tetap difasilitasi oleh Pemerintah Pusat,” ujarnya. 

Lebih jauh dirinya menegaskan, selama ini Bondowoso tidak pernah mengaku jika Kawah Ijen adalah milik Bondowoso saja. Pemkab tetap berpangku kepada keputusan pemerintah pusat, sampai akhirnya ada keputusan final. 

“Semua berita acara yang kita buat tetap difasilitasi dan didampingi oleh pemerintah pusat. Bukan kita sendiri yang membuat kesepakatan,” paparnya. 

Meski telah mencapai kesepakatan bersama dan telah meneken MoU antara dua kabupaten, Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) masih belum terbentuk, dan saat ini masih dalam proses pembuatan. 

“Asal dua daerah sepakat, selesai. Meski tahun 2018 masih menyampaikan bukti-bukti baru tanda kepemilikan, tapi kalau sekarang sudah tidak bisa, karena sudah final dan resmi. Jadi Permendagri bisa diterbitkan jika ada kesepakatan antara kedua belah,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here