Final, Pilkades Serentak di Bondowoso Sudah Ditetapkan

194
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat memaparkan tahapan-tahapan Pilkades serentak Oktober mendatang

BONDOWOSO – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di 171 Desa se-Kabupaten Bondowoso ditetapkan tanggal 20 Oktober 2021.

Tahapan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut juga disampaikan Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin di Pendopo saat menggelar Press Conference, Kamis (18/5/2021).

“Kami telah menetapkan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkades serentak berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 72. Untuk pemungutan suara dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021 mendatang,” ungkapnya.

Namun demikian, menurut KH Salwa Arifin, saat ini panitia pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 mulai melakukan sosialisasi tahapan-tahapan pelaksanaan pagelaran kontestasi politik di tingkat desa ini.

“Hal tersebut perlu dilakukan agar ada penyatuan persepsi untuk pelaksanan Pilkades serentak ini,” kata orang nomor satu di Kabupaten Bondowoso ini.

Dikatakannya lagi, untuk pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, Pemkab Bondowoso menggelontorkan anggaran sebesar Rp 13 Miliar. Anggaran yang terbilang fantastis tersebut digelontorkan lantaran saat ini masih dalam situasi pandemi Corona Virus Desease (covid-19).

“Kalau dulu sebelum pandemi, setiap desa hanya menyediakan satu tempat untuk melaksanakan pemungutan suara. Namun, karena situasi yang masih seperti ini, untuk tempat pemungutan suara (TPS) di setiap desa hanya boleh menampung maksimal 500 orang,” papar Bupati Salwa.

Pembengkakan anggaran yang mencapai Rp 13 Miliar tersebut, dikatakan KH Salwa Arifin, bukan hanya penambahan untuk TPS saja, melainkan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi panitia pemungutan suara di setiap TPS.

“Untuk 171 Desa yang menggelar Pilkades serentak ini, nanti ada seribu lebih TPS. Bagian keamanan juga perlu kita pikirkan, karena bakal ada penambahan personil juga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penetapan jadwal pelaksanaan Pilkades tahun 2021 ini pernah menjadi polemik hingga mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso. Bahkan, perwakilan Kades yang Desanya ikut dalam Pilkades serentak 2021 sempat melurug kantor DPRD beberapa waktu lalu. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here