FOPPSI Memiliki Peran Penting Pada Pengelolaan Keuangan Pemerintah

328
Pj Sekda Pemkab Bondowoso Agung Trihandono saat memberikan sambutan di acara Aniversary ke III FOPPSI

BONDOWOSO– Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI), dinila sangat berperan aktif di dalam pengelolaan data pendidik khususnya di Kabupaten Bondowoso.

Hal tersebut dikemukakan oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Agung Trihandono, saat menghadiri acara Aniversary ke III FOPPSI di Aula Balai Latihan Kerja (BLK), Sabtu (16/2/2019).

“Kedudukan FOPPSI itu sangat sentral dengan pendataan pendidikan. Baik persoalan data Dapodik, maupun yang meliputi data pendidik atau data siswa,” urainya.

Menurut Agung, bukan hanya mengenai pendataan pendidik ataupun siswa, FOPPSI menjadi tulang punggung bagi Pemerintah Daerah tentang validnya data, Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“FOPPSI ini juga sangat berperan penting tentang laporan pengeluaran keuangan BOS. Dan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelaporan keuangan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Agung, pemerintah harus memperhatikan bagaimana kapasitas para operator yang tergabung dalam suatu forum tersebut. Agar hasil pelaporan kepada pemerintah benar dan sesuai dengan data yang ada.

“Oleh karena itu, kita harus memastikan tatacara pelaporannya dana BOS, harus bagus. Tentunya harus didukung oleh operator-operator yang mempunyai kapasitas yang baik. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah akan memperhatikan para operator sekolah, agar memiliki kualifikasi dan kapasitas yang bagus,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here